38 views
6 Cara Mengatasi Wasir yang Aman

6 Cara Mengatasi Wasir yang Aman – Wasir merupakan sebuah kondisi di mana terjadi pembengkakan di pembuluh darah vena pada area anus atau rektum. Gejala umum yang sering terjadi pada penyakit ini adalah rasa sakit, gatal, dan pendarahan saat buang air besar. Lalu bagaimana cara mengatasi wasir yang tepat?

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara mengatasi wasir yang aman. Anda perlu tahu kalau wasir dapat berkembang di dalam atau di luar anus. Masing-masing namanya adalah ambeien internal dan eksternal.

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja sehingga menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup umum dialami sebagian besar orang.

Cara Mengatasi Wasir yang Aman

Meskipun penyakit ini dapat hilang dalam beberapa minggu dengan sendirinya, namun wasir tetap akan menyebabkan ketidaknyamanan baik dalam skala kecil atau besar. Oleh karena itu, mari kita simak beberapa cara mengatasi wasir yang aman dilakukan. Simak ulasan lengkapnya!

1. Witch Hazel

Salah satu cara pertama untuk mengatasi wasir adalah dengan menggunakan witch hazel. Tumbuhan ini dipercaya mampu mengurangi rasa gatal dan nyeri pada bagian anus yang merupakan gejala umum dari wasir.

Tumbuhan ini merupakan anti-inflamasi alami yang dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan. Saat ini Anda bisa mendapatkan witch hazel dalam bentuk cair sehingga dapat langsung dioleskan pada bagian anus.

2. Lidah Buaya

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan lidah buaya. Gel lidah buaya dipercaya mampu mengobati wasir dan berbagai masalah kulit lainnya. Sifatnya yang anti-inflamasi dapat membantu mengurangi iritasi kulit.

Baca Juga:  Mengatasi Rasa Tidak Nyaman akibat Fisura Ani

Gel lidah buaya bisa ditemukan dalam banyak produk saat ini, namun untuk menyembuhkan wasir, Anda harus menggunakan gel murni yang didapat langsung dari daun tanaman lidah buaya.

Namun, perlu diketahui, ada sejumlah orang yang alergi lidah buaya. Maka sebelum menggunakannya, cobalah untuk menggosokkan sejumlah gel ke lengan bawah Anda. Tunggu 24 jam, jika tidak ada reaksi maka gel lidah buaya aman digunakan.

3. Garam Epsom

Mengatasi wasir yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mandi air hangat bersama garam espom. Mandi air hangat bisa meredakan iritasi di sekitar anus karena wasir.

Menurut penelitian di Harvard Health, mandi dengan air panas selama 20 menit setelah buang air besar akan membawa dampak yang efektif dalam menyembuhkan wasir. Bahkan menambah garam Epsom di kamar mandi akan memberikan rasa nyaman pada tubuh Anda.

4. Salep

Menggunakan salep bisa jadi salah satu cara menyembuhkan wasir. Apalagi salep dan krim ini telah dijual bebas dan bisa ditemukan di berbagai toko obat untuk meredakan rasa sakit karena wasir. Beberapa jenis salep juga ampuh mengurangi pembengkakan dan membantu menyembuhkan ambeien.

5. Kompres Dingin

Untuk mengatasi wasir selanjutnya adalah dengan melakukan kompres dingin. Anda bisa mengompres es atau dingin ke anus untuk meredakan pembengkakan yang terjadi selama 15 menit sekali.

Apabila ada wasir yang besar dan terasa begitu sakit, kompres dingin ini jadi salah satu alternatif pengobatan yang efektif. Bungkus es dengan kain atau handuk kertas sebelum mengompresnya.

6. Metode Ultrasonic

Ini jadi salah satu cara mengatasi wasir menggunakan teknologi terbaru di ST Wasir Center. Teknik ini mampu mengatasi wasir dengan teknik minimal invasif atau tanpa pisau bedah, kemampuan penyembuhan yang jauh lebih cepat tanpa rasa sakit akibat pengaruh operasi, luka yang minimal, dan tidak mempergunakan arus listrik karena mempergunakan getaran ultrasonic.

Baca Juga:  Operasi Ambeien Pakai Apa? 

Dengan metode ini wasir akan kering hingga ke pangkal tanpa mengurangi risiko kerusakan jaringan. Anda tidak perlu rawat inap, bahkan bisa langsung melakukan aktivitas setelah tindakan.

Itulah beberapa cara mengatasi wasir yang dapat Anda lakukan baik secara alami atau dengan metode medis. Semua bisa Anda lakukan demi mendapatkan kenyamanan kesehatan lagi.

 

Baja juga: Ambeien Dalam dan Cara Mengobatinya

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *