806 views
Ambeien Dalam, Gejala dan Cara Mengobatinya

Ambeien atau wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus dan rektum membengkak atau membentuk kantung yang mengakibatkan rasa tidak nyaman dan nyeri. Seringkali penyakit ini dianggap hanya terjadi pada usia 45 tahun ke atas dan lebih umum pada pria daripada wanita. Namun saat ini ambeien dapat terjadi pada usia kurang dari 45 tahun baik pria maupun wanita, bahkan seringkali remaja ataupun anak-anak mengeluhkan memiliki gejala ambeien, baik gejala ambeien dalam maupun ambeien luar.

Ambeien dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu ambeien dalam dan ambeien luar, tergantung pada lokasi pembengkakan pembuluh darah.

Jenis Ambeien

Ambeien dalam atau wasir internal terjadi pada pembuluh darah di dalam rektum dan biasanya tidak terlihat atau terasa. Seringkali penderita ambeien dalam tidak menyadari sampai gejalanya muncul. Gejala ambeien dalam meliputi perdarahan saat buang air besar dan mungkin rasa tidak nyaman atau nyeri di sekitar anus.

Ambeien luar atau wasir eksternal terjadi pada pembuluh darah di sekitar anus dan terlihat seperti benjolan atau kantung yang membengkak di luar anus. Gejalanya meliputi rasa sakit atau ketidaknyamanan di sekitar anus, gatal-gatal atau iritasi, dan kadang-kadang pendarahan.

Kedua jenis ambeien dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, dan masalah pencernaan, dan kedua jenis tersebut dapat diobati dengan cara yang sama. Namun, pengobatan mungkin berbeda-beda tergantung pada jenis ambeien yang terjadi dan tingkat keparahannya.

Baca Juga:  Apakah Wasir Bisa Sebabkan Kanker Anus?

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena ambeien, termasuk konstipasi kronis, diare kronis, kehamilan, obesitas, dan menghabiskan waktu yang lama untuk duduk atau berdiri.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengobati ambeien:

Mengobati Gejala Ambeien Dalam

Mengubah pola makan

Konsumsi makanan yang kaya serat dan minum banyak air dapat membantu melunakkan tinja dan mencegah sembelit. Hindari makan-makanan berlemak ataupun daging yang dapat menyebabkan tekstur tinja menjadi keras. Jika pola makan tidak diperhatikan dalam waktu yang lama, kondisi ini menjadi awal pemicu munculnya ambeien.

Olahraga sebagai salah satu pencegahan munculnya gejala ambeien dalam

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat otot-otot di sekitar anus. Meskipun olahraga menjadi salah satu pencegahan ambeien, jenis olahraga yang dilakukan pun harus diperhatikan. Pilihlah olahraga ringan yang tidak membebani atau memberikan tekanan berlebih pada anus. Hindari olahraga yang membutuhkan waktu duduk yang lama.

 

Menggunakan krim atau salep

Beberapa krim atau salep topikal dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Pilihlah krim atau salep topical yang sesuai dengan resep dokter atau yang dijual bebas tanpa resep.

 

Menggunakan obat resep untuk mengobati gejala ambeien dalam

Konsultasikan ke Dokter untuk memperoleh obat yang aman. Dokter mungkin meresepkan obat yang lebih kuat untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

 

Operasi

Operasi menjadi alternative terbaik dalam menghilangkan ambeien yang sudah besar atau yang tidak merespons pengobatan lainnya. Saat ini banyak sekali metode operasi yang dapat menghilangkan ambeien, baik di Rumah Sakit ataupun diklinik. Pilihlah metode yang sesuai dengan kondisi anda.

Jika Anda mengalami gejala ambeien dalam, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat mengevaluasi kondisi Anda dan memberikan saran mengenai pengobatan yang tepat untuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pencegahan dengan mengubah pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat.

Baca Juga:  Perbedaan Kutil Kelamin Dan Herpes Genital

Konsultasi di klinik spesialis ST Wasir Center dapat mempermudah anda menemukan solusi yang tepat atas gejala ambeien yang anda alami.

 

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *