77 views
Jenis-Jenis Wasir Yang Harus Diketahui

Wasir (hemorrhoid) adalah kondisi di mana pembuluh darah di daerah anus atau rektum membengkak dan membesar. Kondisi ini cukup umum terjadi, terutama pada usia di atas 50 tahun. Jenis-jenis wasir terdiri dari wasir internal dan wasir eksternal. Berikut ini penjelasan lebih detail tentang masing-masing jenis wasir.

Jenis-Jenis Wasir

Wasir Internal / Wasir Dalam

Terjadi ketika pembuluh darah di dalam anus atau rektum membengkak dan membesar. Wasir jenis ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, namun bisa menyebabkan perdarahan saat buang air besar. Wasir internal dibagi menjadi empat tingkat berdasarkan ukuran dan keparahan pembengkakan.

Tingkat 1

Pembuluh darah hanya sedikit membengkak di dalam anus dan biasanya tidak menimbulkan gejala.

Tingkat 2

Pembuluh darah membengkak dan menonjol saat buang air besar, namun akan kembali masuk ke dalam anus setelahnya.

Tingkat 3

Pembuluh darah menonjol keluar dari anus saat buang air besar dan perlu didorong dengan tangan untuk dimasukkan kembali ke dalam anus.

Tingkat 4

Pembuluh darah menonjol keluar dari anus secara permanen dan tidak bisa dimasukkan kembali ke dalam anus.

Wasir Eksternal

Terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus membengkak dan membesar. Wasir jenis ini umumnya menimbulkan rasa sakit dan gatal-gatal, serta bisa menyebabkan perdarahan saat buang air besar. Wasir eksternal biasanya terlihat sebagai benjolan di sekitar anus dan terasa lunak atau keras.

Kadang-kadang, wasir eksternal bisa terjadi bersamaan dengan wasir internal. Kondisi ini disebut wasir kombinasi dan dapat menyebabkan gejala yang lebih serius, seperti rasa sakit dan perdarahan yang lebih sering terjadi.

Baca Juga:  Pertolongan Pertama Jika Wasir Kambuh

Pengobatan wasir tergantung pada jenis dan tingkat keparahan wasir yang dialami. Pengobatan untuk wasir internal meliputi perubahan gaya hidup, penggunaan obat-obatan, atau tindakan medis seperti ligasi atau skleroterapi. Sedangkan pengobatan untuk wasir eksternal meliputi penggunaan salep atau krim, dan dalam kasus yang lebih serius, tindakan bedah bisa menjadi pilihan.

Dalam upaya mencegah wasir, penting untuk menjaga pola makan yang sehat, banyak minum air, dan berolahraga secara teratur. Juga, hindari mengejan saat buang air besar dan hindari duduk terlalu lama di toilet. Jika gejala wasir muncul, segera konsultasikan dengan dokter spesialis diklinik ST Wasir Center untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *