100 views
7 Pantangan Wasir Berdarah yang Harus Kamu Hindari

Wasir berdarah terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus membengkak dan pecah, menyebabkan perdarahan dan rasa sakit yang tak tertahankan. Untuk mengurangi gejala dan mencegah wasir berdarah menjadi lebih buruk, ada beberapa pantangan yang harus dihindari. 

Berikut 7 pantangan wasir berdarah yang perlu kamu hindari agar bisa menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan beraktivitas dengan bebas.

Pantangan Wasir Berdarah

1. Makanan Olahan

Hindari makanan olahan, seperti makanan kaleng, makanan beku, makanan instan, dan makanan cepat saji. Makanan ini umumnya mengandung banyak garam, bahan pengawet, dan bahan kimia lain yang dapat menyebabkan sembelit dan mengiritasi saluran pencernaan sehingga dapat memperburuk kondisi wasir berdarah.

2. Gorengan dan Makanan Tinggi Lemak Trans

Hindari makanan yang digoreng dalam minyak tak sehat dan makanan yang mengandung lemak trans, seperti kue kering, keripik kentang, dan camilan siap saji. Lemak trans dapat menyebabkan peradangan dan merusak pembuluh darah, yang dapat memperburuk wasir berdarah.

3.  Buah dengan Kulit Tebal

Beberapa buah dengan kulit tebal seperti anggur merah, alpukat, dan jeruk bali mengandung senyawa tertentu yang bisa memperburuk gejala wasir berdarah. Jika kamu mengonsumsi buah ini, pastikan untuk mengupas kulitnya terlebih dahulu.

4. Kafein Rendah

Meskipun kafein sebelumnya telah disebutkan sebagai pantangan, sebenarnya bukan kafein itu sendiri yang perlu dihindari, melainkan minuman berkafein dengan banyak gula tambahan seperti minuman ringan atau minuman energi. Kafein dalam jumlah sedang hingga rendah, seperti yang terdapat dalam kopi dan teh tanpa gula, tidak memiliki efek signifikan pada wasir berdarah.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien dengan Es Batu

5. Kurangi Posisi Jongkok

Beberapa orang berpendapat bahwa posisi jongkok dapat membantu mengurangi gejala wasir berdarah. Namun, bagi beberapa orang, posisi ini justru bisa meningkatkan tekanan pada area dubur dan membuat wasir berdarah lebih parah. Oleh karena itu, hindari mengambil posisi jongkok berlebihan jika kamu merasa gejala wasir berdarah semakin parah.

6. Pantangan Pakaian Ketat

Pakaian ketat, terutama celana dalam yang ketat, dapat menyebabkan tekanan pada daerah perianal dan memperburuk wasir berdarah. Pilihlah pakaian yang lebih longgar dan terbuat dari bahan yang lebih nyaman, agar tidak menyebabkan iritasi atau tekanan berlebih pada area yang sensitif.

7. Pantangan Mengangkat Benda Berat

Mengangkat benda berat dapat menyebabkan tekanan pada area perut dan rektum, sehingga meningkatkan risiko wasir berdarah. Jika kamu perlu mengangkat benda berat, tekuklah lutut kamu dan angkat dengan benar menggunakan otot kaki daripada punggung kamu.

Setelah mengetahui beberapa pantangan untuk penderita wasir berdarah, kamu harus tetap rajin berkonsultasi ke dokter agar kondisi wasir kamu bisa segera diatasi. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter di Klinik ST Wasir Center agar mendapatkan penanganan secara tepat.

Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara gratis via chat dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp atau kamu juga bisa mengunjungi media sosial STCW seperti Instagram @stwasircenter, Facebook ST Wasir Center, atau Youtube STWC.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *