20 views
Dapat Mengurangi Bengkak Pada Wasir, Ini 7 Manfaat Kulit Delima

Siapa sangka kulit delima kaya akan antioksidan, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Kulit delima dipercaya memiliki manfaat dapat mengurangi bengkak pada wasir. Buah delima biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus segar. Jus delima yang diminum secara rutin memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat Kulit Delima Yang Dapat Mengurangi Bengkak Pada Wasir

Namun, tahukah Anda jika kulit delima juga memberikan efek positif untuk kesehatan?  Mengutip dari StyleCraze, kulit delima memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, antijamur, dan antivirus. Berikut manfaat kulit delima untuk kesehatan yang sudah dibuktikan dalam penelitian:

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak air kulit delima bisa meningkatkan detoksifikasi.  Asal tahu saja, kulit delima mengandung antioksidantinggi.

Mengobati sakit tenggorokan dan batuk

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ekstrak hidroalkohol kulit delima memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu mengobati sakit tenggorokan dan batuk.

Melawan kanker kulit

Hasil penelitian baru menunjukkan bahwa ekstrak buah delima mengandung agen pencegahan yang melawan timbulnya kanker kulit.  Sifat antiinlamasi dan antikanker pada kulit delima mungkin efektif untuk mencegah dan mengobati kanker kulit.  Kulit delima mencegah proses proliferasi sel kanker, sehingga mengurangi risiko kanker kulit.

Melindungi kesehatan jantung

Kulit delima kaya akan antioksidan yang mampu melindungi kolesterol jahat dari oksidasi.  Selain itu, kulit delima memiliki efek vasculoprotective yang bisa mencegah masalah jantung. Ini bermanfaat karena oksidasi kolesterol jahat bisa menyebabkan stres oksidatif, penyebab utama penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Baca Juga:  Ekstrak Ikan Gabus: Mendorong Penyembuhan Fistula dengan Cepat

Meningkatkan Kesehatan gigi

Kulit delima sering digunakan dalam bubuk gigi dan pasta gigi.  Kulit delima memiliki efek antibakteri dan antikaries yang bisa membantu mengatasi sejumlah masalah gigi seperti radang gusi, plak gigi, kariesi, dan sariawan.  Namun, penelitian jangka panjang dibutuhkan untuk mengetahui manfaat kulit delima untuk kesehatan gigi.

Mengingkatkan Kesehatan Tulang

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari kulit delima bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah timbulnya osteoporosis setelah menopause.  Sebuah penelitian mencatatkan bahwa kulit delima kaya akan tanin, polifenol, dan flavonoid. Konsumsi esktrak kulit delima sebagai suplemen makanan memiliki efek menguntungkan untuk kesehatan tulang.

Meningkatkan Kesehatan Usus

Kulit buah delima mengandung tanin yang membantu mengurangi radang usus dengan sifat antiinflamasi. Selain itu, kulit delima juga bisa membantu mengurangi pembengkakan wasir.  Beberapa bukti anekdot menunjukkan bahwa kulit buah delima juga membantu menghentikan pendarahan selama diare dan memperbaiki pencernaan.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *