175 views
Ambeien dalam: Memahami Efek dan Dampaknya pada Penderita

Ambeien dalam atau ambeien internal, juga dikenal sebagai wasir internal, merupakan salah satu kondisi medis yang sering terjadi pada bagian rektum dan anus manusia. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah di dalam rektum dan anus membengkak atau meradang, yang dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman bagi penderitanya. Efek yang dirasakan oleh penderita ambeien internal dapat sangat mengganggu kualitas hidup mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang efek yang dirasakan oleh penderita ambeien dalam.

Efek Ambeien Dalam

Perdarahan

Salah satu efek utama atau efek yang paling banyak dirasakan dari ambeien dalam adalah perdarahan. Pembuluh darah yang membengkak di dalam rektum dapat pecah dan menyebabkan darah keluar saat buang air besar. Darah dapat terlihat pada kertas toilet atau bercampur dengan tinja, yang sering kali merupakan tanda pertama ambeien internal.

Nyeri

Penderita ambeien internal dapat mengalami nyeri di daerah rektum dan anus. Rasa nyeri ini dapat terasa saat buang air besar atau bahkan dalam keadaan diam. Nyeri ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat penderita merasa tidak nyaman.

Gatal dan Peradangan

Pembuluh darah yang meradang juga dapat menyebabkan gatal di sekitar anus. Penderita sering kali merasa terdorong untuk menggaruk area yang gatal, tetapi tindakan ini dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut dan membuat gejala semakin buruk.

Prolapsus

Dalam beberapa kasus yang parah, ambeien internal dapat terlepas dari tempatnya dan menonjol keluar dari anus. Hal ini disebut prolapsus ambeien, yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan harus didorong kembali ke dalam dengan tangan.

Baca Juga:  Hati-Hati, Sering Konsumsi Alkohol Ternyata Bisa Sebabkan Ambeien!

Anemia

Perdarahan yang berulang dari ambeien internal dapat menyebabkan anemia, yaitu kondisi kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Anemia dapat menyebabkan kelelahan, pusing, dan gejala lainnya yang mempengaruhi kualitas hidup penderita.

Kesulitan Buang Air Besar

Ambeien internal yang cukup besar dapat menyebabkan kesulitan dalam buang air besar. Penderita mungkin merasa ada hambatan saat buang air besar, dan hal ini bisa menyebabkan sembelit atau bahkan diare, karena penderitanya cenderung menghindari buang air besar karena rasa nyeri dan ketidaknyamanan.

Gangguan Psikologis

Efek fisik ambeien internal juga dapat berdampak pada kesejahteraan mental penderita. Rasa malu atau stres karena gejala yang dialami bisa mempengaruhi tingkat stres dan kecemasan.

Untuk mengatasi efek yang dirasakan oleh penderita ambeien internal, penting untuk berkonsultasi dengan tenaga medis yang berpengalaman. Pengobatan untuk ambeien internal bervariasi tergantung pada tingkat keparahan gejala, tetapi dapat melibatkan perubahan pola makan dan gaya hidup, obat-obatan, serta dalam beberapa kasus tertentu, intervensi bedah.

Untuk mencegah ambeien internal, penting untuk menjaga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, cukup minum air, dan menghindari menahan buang air besar terlalu lama. Olahraga rutin dan menjaga berat badan ideal juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya ambeien internal.

Jika Anda mengalami gejala ambeien internal, segera temui dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat. Ingatlah bahwa artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan pengganti nasihat medis dari profesional kesehatan. 

Pengobatan Ambeien Dalam

Pengobatan ambeien internal secara medis bervariasi tergantung pada tingkat keparahan gejala dan kondisi penderita. Beberapa pilihan pengobatan medis untuk ambeien internal meliputi:

  1. Obat-obatan: Dokter dapat meresepkan obat-obatan untuk mengurangi gejala ambeien internal, seperti nyeri, peradangan, dan gatal. Beberapa obat yang umum digunakan meliputi:
    • Krim atau salep dengan bahan aktif kortikosteroid untuk mengurangi peradangan dan gatal di sekitar anus.
    • Obat-obatan vasoconstrictor yang membantu menyusutkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan.
    • Obat pencahar lembut untuk meringankan sembelit dan mengurangi tekanan saat buang air besar.
  2. Skleroterapi: Prosedur ini melibatkan injeksi larutan kimia di sekitar ambeien internal untuk menyebabkan jaringan ambeien menyusut. Biasanya digunakan untuk mengobati ambeien internal yang lebih kecil.
  3. Koagulasi Inframerah atau Laser: Teknik ini melibatkan pemanasan jaringan ambeien dengan menggunakan cahaya inframerah atau laser untuk menyebabkan jaringan mengeras dan menghilangkan aliran darah ke ambeien. Dengan demikian, ambeien cenderung menyusut dan menghilang.
  4. Banding Elastis: Prosedur ini melibatkan pemasangan ikatan karet ke pangkal ambeien internal untuk memotong aliran darah ke area tersebut. Tanpa aliran darah, ambeien cenderung menyusut dan menghilang dalam beberapa hari setelah prosedur.
  5. Hemoroidektomi: Ini adalah prosedur bedah untuk mengangkat ambeien internal yang lebih besar atau sulit diobati. Hemoroidektomi biasanya dilakukan dengan anestesi umum atau epidural. Prosedur ini menghilangkan jaringan ambeien dan daerah sekitarnya.
Baca Juga:  Menghilangkan Nyeri Wasir Melalui 4 Cara Sederhana

Penting untuk dicatat bahwa setiap pengobatan memiliki manfaat dan risiko tersendiri. Dokter akan mengevaluasi kondisi Anda dan merekomendasikan pengobatan yang paling sesuai untuk mengatasi ambeien internal Anda.

Selain pengobatan medis, perubahan gaya hidup seperti menjaga pola makan yang sehat dengan tinggi serat, minum banyak air, berolahraga secara teratur, dan menghindari menahan buang air besar dapat membantu mengurangi gejala ambeien internal dan mencegah kondisi ini menjadi lebih parah. Jika Anda mengalami gejala ambeien internal, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *