2,782 views
Apakah Penderita Ambeien Boleh Makan Bakso?

Ambeien atau wasir adalah kondisi umum yang melibatkan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah di area anus dan rektum. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keparahan gejala ambeien adalah pola makan. Banyak penderita ambeien mungkin bertanya-tanya apakah mereka boleh makan makanan tertentu, termasuk bakso. Apakah ada hubungan antara ambeien dan makanan serta apakah penderita ambeien diperbolehkan makan bakso? Simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Apa itu Bakso? 

Bakso adalah makanan yang terbuat dari daging yang dicincang, biasanya daging sapi atau ayam, yang kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil. Bakso umumnya dimasak dalam kaldu dan sering disajikan dengan mie atau nasi. Makanan bakso sangat populer di Indonesia dan dapat ditemukan di banyak warung makan atau kios.

Faktor yang Mempengaruhi Ambeien

Pola makan dapat memainkan peran penting dalam perkembangan atau memperburuk ambeien. Beberapa faktor makanan yang dapat mempengaruhi ambeien adalah:

  • Kekurangan serat

Kurangnya serat dalam makanan dapat menyebabkan sembelit, yang pada gilirannya dapat memperburuk ambeien. Konsumsi makanan yang kaya serat dapat membantu menjaga konsistensi tinja yang baik.

  • Kurangnya cairan

Minum cukup air sangat penting untuk mencegah sembelit. Kurangnya cairan dalam tubuh dapat membuat tinja lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan, memperburuk gejala ambeien.

  • Makanan pedas atau berminyak

Beberapa orang dengan ambeien melaporkan bahwa makanan pedas atau berminyak dapat memperburuk gejala mereka. Namun, reaksi terhadap makanan ini dapat berbeda antara individu.

Apakah Penderita Ambeien Boleh Makan Bakso? 

Jawabannya tergantung pada kondisi individu dan bagaimana tubuh mereka merespons makanan tertentu. Secara umum, bakso bukanlah makanan yang perlu dihindari oleh penderita ambeien, kecuali jika ada reaksi yang merugikan atau memperburuk gejala.

Baca Juga:  Alasan Kita Harus Mewaspadai Abses Anal

Hal yang perlu diperhatikan adalah metode memasak dan bahan tambahan dalam bakso. Jika bakso digoreng dalam minyak banyak, hal ini dapat memperburuk ambeien karena makanan berminyak dapat menyebabkan sembelit atau sulit buang air besar. Sebaiknya, penderita ambeien memilih bakso yang direbus atau dikukus, tanpa tambahan minyak yang berlebihan.

Selain itu, penderita ambeien disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat. Jika bakso disajikan dengan mie atau nasi, sebaiknya pilihlah varian yang menggunakan biji-bijian utuh atau gandum, yang lebih tinggi seratnya daripada yang berbahan dasar tepung terigu biasa.

Meskipun bakso tidak perlu dihindari oleh penderita ambeien, kamu tetap perlu memperhatikan metode memasak dan bahan tambahan dalam bakso. Pilihan bakso yang direbus atau dikukus dengan sedikit minyak lebih disarankan. Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat dan menjaga asupan cairan yang cukup. 

Jika wasir kamu semakin parah, segera konsultasikan ke Klinik ST Wasir Center! Selain itu,  ST Wasir Center juga melayani pengobatan gangguan anorektal lainnya seperti fisura, fistula ani, abses perianal dan kondiloma. Yuk konsultasi gratis via chat dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *