56 views
Cara Mengatasi Ambeien Luar Secara Alami

Cara Mengatasi Ambeien Luar – Ambeien adalah kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus dan bagian bawah rektum mengalami pelebaran dan peradangan. Ambeien yang keluar dari lubang anus disebut ambeien luar, sedangkan yang belum menonjol disebut ambeien dalam.

Untuk mengobati ambeien luar, kamu bisa menggunakan metode alami dan menerapkan gaya hidup sehat. Penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat memperburuk ambeien luar ini. Selain itu, perhatikan juga konsumsi makanan yang tepat dalam upaya mengobati masalah kesehatan ini.

Berendam dengan Air Hangat

Cara mengatasi ambeien luar yang pertama adalah dengan berendam menggunakan air hangat. Berendam dengan air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi pembengkakan pada vena. Hal ini juga dapat meredakan gejala seperti gatal, iritasi, dan kejang otot anus yang sering dialami oleh penderita diabetes.

Untuk melakukannya, kamu dapat merendam area bokong dan pinggul dalam air hangat selama sekitar 20 menit setelah buang air besar. Disarankan untuk melakukan ini secara rutin sebanyak 2-3 kali sehari. Jika ingin lebih efektif, kamu dapat menambahkan sedikit garam ke dalam air hangat untuk membantu menyempitkan wasir atau ambeien secara lebih efektif. Setelah berendam, pastikan untuk mengeringkan daerah anus dengan lembut.

Kompres dengan Es

Kompres dengan es adalah metode efektif untuk mengobati ambeien luar. Es dapat memberikan efek pendinginan dan mengurangi ukuran ambeien, memberikan perasaan lega. Selain itu, penggunaan es juga dapat meredakan rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan pada ambeien.

Baca Juga:  Rekomendasi Makanan untuk Penderita Wasir

Untuk melakukan kompres dengan es, kamu bisa mengisi plastik dengan es dan duduk di atasnya selama sekitar 20 menit untuk mengatasi ambeien. Selain itu, duduk di permukaan yang empuk, seperti di atas bantal, juga membantu mengurangi pembengkakan ambeien dan mencegah terbentuknya ambeien baru.

Tidak Menunda BAB

Salah satu metode efektif dalam mengobati ambeien luar adalah dengan tidak menunda buang air besar. Menunda keinginan untuk buang air besar, terutama bagi penderita ambeien, dapat menyebabkan masalah yang berbahaya.

Tindakan ini bisa menyebabkan penumpukan tinja yang semakin banyak, meningkatkan tekanan dan ketegangan pada ambeien. Oleh karena itu, disarankan untuk membuat jadwal buang air besar secara teratur agar kondisi ambeien dapat mereda dan teratasi dengan lebih baik.

Tidak Mengejan Terlalu Kuat saat BAB

Cara mengatasi ambeien luar selanjutnya adalah dengan menghindari mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Mengejan dengan keras saat BAB dapat menyebabkan tekanan dan ketegangan berlebih pada ambeien, yang dapat menyebabkan perdarahan dan rasa nyeri. Oleh karena itu, tindakan ini sebaiknya dihindari.

Selain saat BAB, perhatikan juga aktivitas lain seperti mengangkat beban berat, batuk, atau saat sedang hamil, karena hal-hal ini dapat menyebabkan mengejan dan meningkatkan tekanan di dalam rongga perut. Memperhatikan hal ini akan membantu mencegah perkembangan lebih lanjut dari ambeien yang sedang dihadapi agar tidak semakin parah.

Konsumsi Makanan Mengandung Serat dan Cairan

Cairan dan serat adalah nutrisi penting bagi tubuh yang membantu mengurangi tekanan pada ambeien dan membuat tinja lebih lunak. Cara mengobati ambeien luar ini dapat mengurangi perdarahan, peradangan, dan pembengkakan ambeien, serta mencegah kondisinya agar tidak semakin parah.

Baca Juga:  Penyebab Trombosis pada Wasir

Selain itu, mengonsumsi makanan kaya serat seperti gandum utuh, brokoli, polong-polongan, dan buah-buahan segar juga membantu mengurangi iritasi yang disebabkan oleh tinja yang terperangkap di sekitar pembuluh darah. Pastikan juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya sebagai bagian dari cara mengobati ambeien luar ini.

Olahraga Teratur

Langkah selanjutnya dalam mengobati ambeien luar adalah dengan berolahraga secara teratur. Berolahraga rutin selama 20-30 menit setiap hari dapat merangsang gerakan usus, sehingga mempermudah keluarnya tinja. Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti aerobik dan jalan cepat setiap hari sebagai cara yang efektif untuk mengatasi ambeien luar.

Apabila kamu atau kerabat terdekat mengalami gejala ambeien luar yang tak kunjung membaik meski sudah melakukan perawatan di rumah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter di Klinik ST Wasir Center agar mendapatkan penanganan secara tepat.

Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara gratis via chat dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp atau kamu juga bisa mengunjungi media sosial STCW seperti Instagram @stwasircenter, Facebook ST Wasir Center, atau Youtube STWC.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *