11 views
Ambeien Keluar Saat BAB, Bagaimana Mengatasinya?

Ambeien, atau sering disebut sebagai wasir, adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus dan rektum mengalami pembengkakan atau peradangan. Salah satu gejala umum ambeien adalah keluarnya benjolan atau tonjolan dari anus setelah buang air besar (BAB). Ambeien keluar saat BAB dapat menyebabkan rasa nyeri, perdarahan, dan ketidaknyamanan. Pada beberapa orang, benjolan yang keluar setelah BAB dapat dimasukkan kembali, baik dimasukkan menggunakan jari, ataupun masuk dengan sendirinya. Bagi penderita ambeien grade besar, benjolan ini sudah tidak dimasukkan kembali, oleh karena itu kondisi ini sangat mengganggu penderitanya sehingga perlu diatasi dengan segera. 

Berikut adalah beberapa cara mengatasi Ambeien keluar saat BAB:

1. Konsumsi Diet yang Sehat:

Tingkatkan asupan serat: Konsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, sereal, dan biji-bijian dapat membantu menjaga tinja tetap lembut dan mudah dikeluarkan, mengurangi tekanan pada pembuluh darah di daerah anus.

2. Minum Air Secukupnya:

Pastikan untuk minum cukup air setiap hari, sekitar 8 gelas air per hari. Air membantu menjaga tinja tetap lunak dan mencegah sembelit, yang dapat memperburuk ambeien.

3. Hindari Mengejan Terlalu Kuat:

Jangan mengejan terlalu keras saat BAB. Usahakan untuk BAB dengan lembut dan tanpa tekanan berlebihan.

4. Gunakan Tisu Basah atau Mandi Duduk:

Setelah BAB, hindari menggosok atau menggosok daerah anal. Gunakan tisu basah atau mandi duduk dengan air hangat untuk membersihkan daerah tersebut.

Baca Juga:  Menghilangkan Gatal Karena Ambeien

5. Olesi Area yang Terkena Ambeien:

Anda dapat menggunakan krim atau salep yang mengandung hydrocortisone atau witch hazel untuk meredakan peradangan dan rasa gatal di daerah ambeien. Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.

6. Pertimbangkan Sitz Bath:

Mandi duduk dalam air hangat selama 10-15 menit beberapa kali sehari dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala ambeien.

7. Perubahan Gaya Hidup:

Hindari duduk terlalu lama di toilet. Setelah selesai BAB, segera berdiri dan hindari duduk terlalu lama di toilet.

8. Konsultasikan dengan Dokter:

Jika ambeien Anda parah atau tidak membaik dengan perawatan rumah, konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat meresepkan obat atau tindakan medis yang lebih lanjut, seperti ligasi ambeien atau prosedur pembedahan jika diperlukan.

9. Olahraga Teratur:

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah sembelit, yang merupakan faktor risiko untuk ambeien.

10. Pantau Pola Makan dan Berat Badan:

Jaga berat badan Anda tetap sehat dan hindari konsumsi makanan pedas atau berlemak yang dapat memperburuk ambeien.

Penting untuk diingat bahwa mengatasi ambeien yang keluar setelah BAB memerlukan kesabaran. Selalu konsultasikan dengan dokter atau langsung datang ke ST Wasir Center, jika gejala Anda berlanjut atau memburuk. Dokter dapat memberikan nasihat medis yang sesuai dan meresepkan perawatan yang diperlukan untuk mengatasi ambeien dengan lebih efektif. 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *