38 views
Wasir pada Lansia: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah masalah kesehatan yang umum terjadi pada berbagai kelompok usia, termasuk lansia. Namun, lansia memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan wasir karena berbagai faktor, seperti perubahan tubuh terkait usia dan gaya hidup. Artikel ini akan membahas penyebab, gejala, dan pengobatan wasir.

Penyebab Wasir pada Lansia

Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di dalam atau sekitar rektum dan anus. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan wasir meliputi:

  1. Penurunan Elastisitas Jaringan

Seiring bertambahnya usia, elastisitas jaringan tubuh cenderung menurun. Ini termasuk pembuluh darah di sekitar rektum dan anus. Penurunan elastisitas ini dapat membuat pembuluh darah lebih rentan terhadap tekanan, yang kemudian dapat menyebabkan pembengkakan dan pembentukan wasir.

  1. Kurang Aktivitas Fisik

Lansia cenderung menjadi kurang aktif secara fisik, yang dapat mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh. Kekurangan aktivitas fisik juga dapat menyebabkan sembelit, yang merupakan faktor risiko utama untuk wasir.

  1. Konstipasi

Kebanyakan lansia mengalami masalah konstipasi yang lebih sering. Konstipasi dapat menyebabkan tekanan tambahan saat buang air besar, yang dapat merusak pembuluh darah di sekitar anus.

  1. Diet yang Tidak Sehat

Diet rendah serat dan tinggi lemak dapat menyebabkan konstipasi dan meningkatkan risiko wasir.

Gejala Wasir pada Lansia

Wasir pada lansia dapat memiliki gejala yang serupa dengan wasir pada kelompok usia lainnya. Beberapa gejala umum meliputi:

  1. Rasa Gatal dan Nyeri

Wasir dapat menyebabkan rasa gatal dan nyeri di sekitar anus.

  1. Perdarahan

Salah satu gejala utama wasir adalah perdarahan saat buang air besar. Darah mungkin tampak pada kertas toilet atau di permukaan kotoran.

  1. Benjolan

Wasir internal atau eksternal dapat menyebabkan benjolan di sekitar anus.

  1. Sembelit

Sembelit sering terjadi bersamaan dengan wasir, dan ini dapat memperburuk gejala wasir.

Baca Juga:  Risiko Kesehatan Akibat Wasir Tidak Dioperasi

Pengobatan Wasir pada Lansia

Pengobatan pada lansia dapat melibatkan perubahan gaya hidup dan perawatan medis. Beberapa langkah yang dapat membantu mengatasi wasir meliputi:

  1. Perubahan Diet

Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu mencegah sembelit dan melunakkan kotoran, mengurangi tekanan pada wasir.

  1. Aktivitas Fisik

Meningkatkan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko sembelit.

  1. Penggunaan Obat-obatan

Dokter dapat meresepkan obat-obatan seperti krim atau supositoria untuk meredakan gejala wasir.

  1. Pengobatan Prosedural

Jika wasir sangat parah, mungkin diperlukan prosedur medis seperti ligasi wasir (pengikatan pembuluh darah wasir) atau pengangkatan wasir.

Kesimpulan

Wasir adalah masalah umum pada lansia dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan. Namun, dengan perubahan gaya hidup yang tepat dan pengobatan yang sesuai, banyak kasus wasir yang dialami usia lansia dapat diatasi. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau langsung datang ke klink ST Wasir Center untuk mendapatkan diagnosis dan rencana pengobatan yang sesuai. Selain itu, menjaga pola makan sehat, aktivitas fisik, dan hidrasi yang cukup dapat membantu mencegah wasir pada kelompok usia lainnya atau pada lansia.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *