18 views
Penyebab dan Solusi Wasir Keluar Lagi Setelah Operasi

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah masalah yang umum terjadi di seluruh dunia. Beberapa kasus wasir bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan konservatif, namun dalam beberapa kasus yang lebih parah, operasi mungkin diperlukan. Namun, tidak jarang ada kasus wasir yang kembali muncul setelah operasi. Berikut merupakan penyebab sekaligus solusi wasir yang mungkin bisa membantu Anda.

Penyebab Wasir Kembali Setelah Operasi:

  1. Faktor Genetik:

Salah satu penyebab utama wasir adalah faktor genetik. Jika seseorang memiliki riwayat keluarga dengan wasir, mereka mungkin lebih rentan terhadap penyakit ini. Bahkan setelah operasi, faktor genetik ini masih dapat berperan dalam munculnya wasir kembali.

  1. Gaya Hidup:

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurangnya aktivitas fisik, konsumsi makanan yang kurang serat, dan kebiasaan duduk terlalu lama, dapat menjadi penyebab munculnya wasir kembali. Setelah operasi, penting untuk memperbaiki gaya hidup agar tidak mengulangi kebiasaan yang dapat memicu wasir.

  1. Konstipasi Kronis:

Konstipasi adalah faktor risiko utama bagi wasir. Jika seseorang mengalami konstipasi kronis dan tidak mengatasi masalah tersebut setelah operasi, tekanan saat buang air besar dapat menyebabkan wasir kembali.

  1. Kegemukan:

Kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di area dubur, meningkatkan risiko wasir. Meskipun operasi dapat menghilangkan wasir yang ada, kegemukan yang tidak terkendali dapat menyebabkan wasir kembali muncul.

Solusi untuk Wasir yang Kembali Setelah Operasi:

  1. Perubahan Gaya Hidup:

Penting untuk mengadopsi gaya hidup sehat yang mencakup makanan tinggi serat seperti buah-buahan, salah satunya adalah buah jambu biji, kemudian cukup cairan, dan aktivitas fisik yang teratur. Hal ini dapat membantu mencegah konstipasi dan tekanan berlebih pada area dubur.

  1. Obat-obatan:

Dokter mungkin meresepkan obat pencahar atau suplemen serat untuk membantu menghindari konstipasi dan memperlancar proses buang air besar.

  1. Pantau Kegemukan:

Jika obesitas merupakan masalah, penting untuk memantau berat badan dan mencoba menguranginya melalui diet sehat dan olahraga. Penurunan berat badan dapat membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah di area dubur.

  1. Pemeriksaan Rutin:

Setelah operasi wasir, penting untuk menjalani pemeriksaan rutin dengan dokter spesialis untuk memantau perkembangan dan mencegah kemungkinan kambuhnya wasir.

Baca Juga:  Hemoroid Eksterna, Pengertian dan Metode Pengobatannya

Wasir yang muncul kembali setelah operasi bisa menjadi masalah yang mengganggu. Namun, dengan perubahan gaya hidup yang tepat dan perawatan yang sesuai, banyak kasus wasir yang bisa diatasi tanpa memerlukan operasi lanjutan. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan saran medis yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *