696 views
Apa Penyebab BAB Berdarah Setelah Operasi Ambeien

Ambeien, yang juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di sekitar anus dan rektum menjadi meradang atau membengkak. Seringkali, ambeien dapat diobati dengan perubahan gaya hidup, penggunaan obat-obatan, atau prosedur medis yang lebih invasif seperti operasi. Namun, tidak jarang terjadi bahwa setelah operasi ambeien, sebagian pasien masih mengalami BAB (Buang Air Besar) berdarah. Apa penyebab BAB berdarah setelah operasi? Mari kita bahas lebih lanjut.

1. Proses Penyembuhan Pasca Operasi

Setelah menjalani operasi ambeien, tubuh membutuhkan waktu untuk sembuh sepenuhnya. Pembuluh darah yang telah diangkat atau diobati selama operasi harus menyembuhkan luka dan mengembalikan aliran darah normal. Proses ini dapat memakan waktu dan seringkali disertai dengan gejala seperti perdarahan ringan atau BAB berdarah selama proses penyembuhan berlangsung.

2. Infeksi atau Komplikasi

Kadang-kadang, infeksi atau komplikasi pasca operasi dapat menyebabkan BAB berdarah. Infeksi pada luka operasi atau gangguan dalam proses penyembuhan dapat mengakibatkan perdarahan. Penting untuk memantau luka operasi dengan baik dan segera berkonsultasi dengan dokter jika ada tanda-tanda infeksi atau komplikasi lainnya.

3. Bekas Luka atau Jaringan Parut

Setelah operasi ambeien, jaringan parut dapat terbentuk di area yang telah diobati atau diangkat. Bekas luka ini dapat menjadi sensitif dan mudah berdarah jika teriritasi selama BAB. Beberapa pasien mungkin mengalami BAB berdarah akibat gesekan dengan jaringan parut ini.

4. Kekurangan Gaya Hidup Sehat

Setelah operasi ambeien, penting untuk menjalani gaya hidup yang sehat untuk mencegah kambuhnya kondisi ini. Kurangnya pola makan sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan kebiasaan BAB yang keras atau terlalu sering dapat memicu BAB berdarah bahkan setelah operasi. Merawat tubuh dengan baik dan mengikuti anjuran dokter adalah kunci untuk menghindari komplikasi pasca operasi.

Baca Juga:  Tindakan untuk Penanganan Fistula Ani Sebelum Terlambat

5. Masalah Ambeien yang Tidak Teratasi

Pada beberapa kasus, operasi ambeien mungkin tidak sepenuhnya mengatasi masalah yang ada. Beberapa pasien mungkin masih memiliki ambeien yang tersisa atau muncul kembali setelah operasi. Kondisi ini dapat menyebabkan BAB berdarah terus-menerus.

6. Efek Samping Obat-obatan

Pasien yang mengonsumsi obat-obatan tertentu selama masa pemulihan pasca operasi juga dapat mengalami efek samping seperti BAB berdarah. Ini bisa disebabkan oleh efek samping obat atau reaksi tubuh terhadap obat tersebut.

Itulah beberapa penyebab BAB berdarah setelah operasi yang mungkin tidak kalian sadari. Jika Anda mengalami BAB berdarah setelah operasi ambeien, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter Anda atau bisa langsung menghubungi ST Wasit Center di kontak yang tersedia. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan penyebabnya dan meresepkan perawatan yang sesuai. Jangan pernah mengabaikan gejala ini, karena bisa jadi tanda adanya masalah serius yang perlu segera diatasi. Selalu ikuti petunjuk dan anjuran dokter Anda untuk memastikan pemulihan yang maksimal setelah operasi ambeien.

1.5/5 - (60 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *