31 views
Pengobatan Wasir yang Cepat dan Efektif

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di dalam anus atau rektum mengalami pembengkakan atau peradangan. Ini dapat menyebabkan gejala seperti perdarahan saat buang air besar, rasa gatal, nyeri, dan rasa tidak nyaman. Pengobatan wasir yang cepat dan efektif sangat diinginkan oleh banyak orang yang mengalami kondisi ini. Berikut ini adalah beberapa metode pengobatan wasir yang dapat membantu Anda meredakan gejalanya dengan cepat.

Langkah pengobatan wasir yang cepat dan efektif

1. Perubahan Gaya Hidup

Pertama-tama, penting untuk membuat perubahan dalam gaya hidup Anda untuk mengurangi gejala wasir. Ini termasuk:

  • Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat: Diet tinggi serat dapat membantu melunakkan tinja Anda, membuat buang air besar lebih mudah, dan mengurangi tekanan pada area wasir. Konsumsilah makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan sereal sumber serat.
  • Minum Air Secukupnya: Pastikan Anda terhidrasi dengan baik. Minum air cukup membantu menjaga tinja Anda tetap lembut dan mudah dikeluarkan.
  • Hindari Tegakan Terlalu Lama: Berdiri atau duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan pada area rektum. Cobalah untuk berdiri atau berjalan-jalan sesekali jika Anda bekerja di meja atau dalam situasi serupa.

Pada prinsipnya, penderita wasir baik ringan maupun berat wajib menghindari konstipasi dan feses yang keras serta tekanan yang berlebihan pada area rektum. Jika anda mengalami konstipasi dan feses yang keras, periksa pola makan dan minum anda terlebih dahulu.

2. Obat-obatan Over-the-Counter (OTC)

Anda dapat menggunakan beberapa obat-obatan OTC yang tersedia di apotek untuk mengatasi wasir, seperti:

  • Salep atau Krim Topikal: Salep atau krim ini mengandung bahan aktif yang dapat membantu meredakan peradangan dan gatal. Gunakan sesuai petunjuk dokter atau yang tertera pada kemasan.
  • Obat-obatan Pereda Nyeri: Paracetamol atau ibuprofen dapat membantu mengurangi nyeri yang disebabkan oleh wasir.
  • Supositoria: Supositoria yang mengandung bahan-bahan tertentu dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri. 
Baca Juga:  Bagaimana Caranya Mencegah BAB Agar Tidak Keras?

Obat-obatan OTC ini biasanya efektif untuk wasir yang masih ringan, jika anda sudah mengalami gejala wasir yang berat, segera konsultasikan ke Dokter Spesialis untuk mendapatkan konsultasi medis.

3. Pengobatan Medis

Jika gejala wasir Anda parah atau tidak merespon pengobatan OTC, konsultasikan dengan dokter. Dokter Anda dapat meresepkan obat yang lebih kuat atau merekomendasikan prosedur medis, seperti:

  • Pengikatan Wasir: Dokter dapat menggunakan teknik ini untuk mengikat wasir dengan karet atau benang, yang akan mengganggu aliran darah ke dalam wasir dan membuatnya menyusut.
  • Operasi: Dalam kasus wasir yang berat diperlukan operasi untuk mengangkat wasir besar atau parah. Metode operasi di Klinik STWC sudah tidak menggunakan metode lama atau konvensional.  Metode yang digunakan di Klinik STWC yaitu radiofrequency dan Ultrasonic, Metode ini minimal invasif atau tidak menggunakan pisau bedah, sehingga minim rasa sakit, minim perdarahan dan membuat proses penyembuhan lebih cepat. Selain itu Penanganan wasir di Klinik STWC dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dr. Tony Sukentro Sp.B yang sudah menangani lebih dari 1000kasus wasir dan fistula. 

4. Perawatan Pencegahan

Penting untuk menjaga wasir tetap terkendali setelah pengobatan berhasil. Ini termasuk menjaga pola makan sehat, minum cukup air, dan menghindari mengejan terlalu keras saat buang air besar. Juga, hindari menggosok atau membersihkan area wasir dengan kasar.

Pengobatan wasir yang cepat dan efektif tergantung pada tingkat keparahan kondisi Anda. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi Anda atau Anda dapat langsung datang ke ST Wasir Center agar bisa mendapatkan penanganan langsung dari dokter yang terpercaya. Selalu ingat bahwa pencegahan adalah kunci untuk menghindari kambuhnya wasir di masa depan.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *