14 views
Apakah Operasi Wasir Bius Total?

Wasir, atau hemoroid, adalah kondisi medis yang umum terjadi akibat pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus atau rektum bagian bawah. Gejala wasir dapat mencakup rasa sakit, gatal, dan perdarahan saat buang air besar. Ketika pengobatan konservatif seperti perubahan pola makan, salep, atau obat-obatan tidak efektif, operasi mungkin menjadi pilihan. Mungkin Anda bertanya, apakah operasi wasir wajib bius total?

Apakah Operasi Wasir Bius Total Diperlukan?

Bius total melibatkan pemberian obat-obatan yang membuat pasien tidak sadar selama prosedur. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bius total mungkin dipilih untuk operasi wasir:

  • Mengurangi nyeri
    Meskipun bius lokal atau regional dapat mengurangi nyeri selama operasi, bius total dapat memberikan kontrol nyeri yang lebih baik, terutama pada pasien yang cemas atau memiliki ambang nyeri yang rendah.
  • Posisi pasien
    Beberapa prosedur membutuhkan pasien berada dalam posisi tertentu yang mungkin tidak nyaman jika pasien sadar, seperti posisi litotomi (dengan kaki diangkat). Bius total memungkinkan pasien tetap dalam posisi yang diperlukan tanpa merasa tidak nyaman.
  • Keinginan pasien
    Beberapa pasien mungkin merasa lebih nyaman dan kurang cemas jika mereka tidak sadar selama operasi. Dalam beberapa kasus, pilihan anestesi bisa berdasarkan preferensi pasien setelah berkonsultasi dengan ahli anestesi.

Proses dan Persiapan

Sebelum menjalani operasi dengan bius total, pasien akan menjalani evaluasi pra-operatif untuk memastikan mereka dalam kondisi kesehatan yang optimal untuk anestesi umum. Ini termasuk pemeriksaan riwayat medis, pemeriksaan fisik, dan mungkin beberapa tes laboratorium. Pada hari operasi, pasien akan diminta untuk berpuasa selama beberapa jam sebelum prosedur.

Baca Juga:  Apa Bakteri yang Menyebabkan Abses Perianal?

Risiko dan Komplikasi

Seperti semua jenis anestesi, bius total memiliki risiko dan potensi komplikasi, meskipun jarang. Risiko ini bisa termasuk reaksi alergi terhadap obat anestesi, masalah pernapasan, atau komplikasi jantung. Namun, dengan evaluasi pra-operatif yang tepat dan pemantauan ketat selama prosedur, risiko ini dapat diminimalkan.

Kesimpulan: Apakah Operasi Wasir Bius Total?

Operasi ambeien dengan bius total adalah pilihan yang mungkin diperlukan dalam beberapa kasus tergantung pada jenis prosedur dan kebutuhan individu pasien. Meskipun memiliki risiko, manfaat dari pengurangan nyeri dan kenyamanan selama operasi sering kali membuatnya menjadi pilihan yang baik. Selalu konsultasikan dengan dokter bedah dan ahli anestesi untuk memahami pilihan yang terbaik dan paling aman sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Di Klinik ST wasir center untuk operasi dilakukan pembiusan bius total golongan ringan atau disebut sedasi yaitu pasien di tidurkan selama tindakan setelah tindakan dibangunkan.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *