12 views
Apakah Harus Puasa Dulu Sebelum Operasi Ambeien?

Ambeien (wasir) atau hemoroid adalah pembesaran atau pembengkakan yang terjadi pada dubur atau usus besar bagian akhir atau rektum.  Kondisi ini menjadi masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa saja, tetapi lebih banyak terjadi pada orang berusia 50 tahun ke atas.  Adapun ambeien (wasir) dapat bersifat internal atau eksternal. Dalam beberapa jenis operasi, puasa biasanya diwajibkan. Namun, apakah harus puasa sebelum operasi ambeien?

Penyebab Ambeien

Ambeien atau wasir biasanya disebabkan oleh kombinasi dari beberapa faktor. Beberapa penyebab utama meliputi:

  1. Tekanan pada pembuluh darah
    Tekanan yang berlebihan pada pembuluh darah di sekitar anus atau rektum dapat menyebabkan mereka membengkak atau meradang. Tekanan ini bisa terjadi saat seseorang sering mengalami konstipasi atau diare, karena saat buang air besar yang keras atau berdarah dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.
  2. Kurangnya serat dalam diet
    Diet yang rendah serat dapat menyebabkan sembelit, yang pada gilirannya dapat memperburuk wasir. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah konstipasi.
  3. Kehamilan
    Wanita hamil cenderung lebih rentan terhadap wasir karena bertambahnya tekanan pada pembuluh darah akibat peningkatan ukuran janin.
  4. Faktor genetik
    Beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap wasir karena faktor genetik atau predisposisi genetik tertentu.
  5. Gaya hidup dan kebiasaan duduk
    Duduk terlalu lama, terutama di toilet, dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di area anus dan rektum, yang dapat menyebabkan wasir.
  6. Kegemukan atau obesitas
    Kegemukan dapat meningkatkan tekanan pada area panggul dan rektum, yang juga dapat menyebabkan wasir.
  7. Usia
    Risiko terkena wasir meningkat seiring bertambahnya usia, karena jaringan tubuh secara alami melemah dan lebih rentan terhadap trauma atau tekanan.
Baca Juga:  Mengatasi Ambeien Yang Mengeluarkan Cairan Dengan Tindakan Tepat

Cara Mengobati Ambeien

Wasir biasanya dapat diobati dengan perubahan gaya hidup, seperti meningkatkan asupan serat untuk mencegah konstipasi, atau menggunakan obat-obatan topikal untuk mengurangi gejala seperti gatal atau nyeri. Dalam kasus yang lebih parah, mungkin diperlukan perawatan medis lebih lanjut, termasuk prosedur medis atau operasi untuk mengurangi atau menghilangkan wasir yang lebih besar atau lebih parah ini yaitu  dengan melakukan prosedur Medis, nah bagaimana caranya?

Apakah Puasa Sebelum Operasi Ambeien Harus?

Ya, umumnya untuk operasi ambeien atau wasir, Anda akan diminta untuk melakukan puasa sebelumnya. Ini adalah langkah standar dalam persiapan untuk prosedur bedah di mana Anda perlu menjaga lambung kosong agar meminimalkan risiko muntah dan aspirasi selama anestesi.

Instruksi puasa biasanya termasuk:

  • Tidak makan atau minum apa pun selama beberapa jam sebelum operasi, biasanya minimal 6-8 jam tergantung pada kebijakan rumah sakit dan jenis anestesi yang akan digunakan.
  • Menghindari minum atau makan permen karet, permen, atau cairan lainnya, termasuk air, setelah batas waktu tertentu yang ditetapkan sebelum operasi.

Ikuti Petunjuk Dokter

Pastikan untuk mengikuti petunjuk dari tim medis Anda dengan cermat, karena kepatuhan pada instruksi ini penting untuk keselamatan Anda selama operasi. Jika ada kekhawatiran atau pertanyaan lebih lanjut mengenai persiapan pra-operasi, selalu baik untuk berbicara dengan dokter atau perawat yang merawat Anda.

Kesimpulan: Apakah Harus Puasa Sebelum Operasi Ambeien?

Operasi wasir tidak selalu wajib dan sebaiknya dilakukan perubahan pola hidup terlebih dahulu. Sebagian besar kasus wasir dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup dan prosedur minimal invasif. Namun, jika wasir menyebabkan gejala yang parah dan tidak merespons pengobatan lain, operasi mungkin menjadi solusi yang diperlukan. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan metode pengobatan yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *