20 views
Operasi Wasir dengan BPJS: Proses dan Prosedur

Wasir atau hemoroid adalah kondisi medis yang cukup umum di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum membengkak dan meradang. Operasi wasir mungkin diperlukan jika perawatan konservatif tidak efektif. Di Indonesia, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyediakan layanan untuk operasi wasir. Artikel ini akan membahas apakah operasi wasir ditanggung oleh BPJS Kesehatan dan langkah-langkah yang perlu diikuti.

Apa itu Wasir?

Wasir adalah pembengkakan pada pembuluh darah di anus atau rektum bagian bawah yang bisa menyebabkan rasa sakit, gatal, dan pendarahan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk sembelit kronis, kehamilan, obesitas, dan gaya hidup yang kurang aktif.

Jenis-jenis Wasir

  1. Wasir internal
    Terjadi di dalam rektum dan biasanya tidak terlihat dari luar.
  2. Wasir eksternal
    Terjadi di luar anus dan lebih sering menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Kapan Operasi Wasir Diperlukan?

Operasi wasir mungkin diperlukan jika:

  • Pengobatan medis dan perubahan gaya hidup tidak efektif.
  • Wasir menyebabkan pendarahan berat.
  • Ada wasir yang trombosis (terbentuk gumpalan darah).
  • Wasir sangat menyakitkan atau menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan.

Apakah Operasi Wasir Ditanggung BPJS? Berikut Prosedurnya!

  1. Pendaftaran di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)
    Pasien harus mengunjungi Puskesmas atau klinik yang terdaftar sebagai FKTP untuk konsultasi awal. Dokter di FKTP akan melakukan pemeriksaan dan memberikan rujukan ke rumah sakit jika diperlukan.
  2. Rujukan ke rumah sakit
    Jika dokter FKTP memutuskan bahwa operasi wasir diperlukan, pasien akan diberikan surat rujukan ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
  3. Konsultasi di rumah sakit
    Di rumah sakit, pasien akan berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk evaluasi lebih lanjut. Dokter akan menentukan jenis operasi yang diperlukan, seperti hemoroidektomi atau prosedur minimal invasif lainnya.
  4. Prosedur operasi
    Setelah evaluasi dan persiapan yang diperlukan, operasi wasir akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Semua biaya yang berkaitan dengan operasi ini akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan, asalkan semua prosedur administrasi telah dipenuhi.
  5. Perawatan pasca operasi
    Pasien harus mengikuti instruksi dokter untuk perawatan pasca operasi, termasuk kontrol lanjutan untuk memastikan proses penyembuhan berjalan dengan baik.
Baca Juga:  Mengenal Struktur Anus dan Fungsinya

Manfaat BPJS dalam Menanggung Operasi Wasir

  • Biaya
    Semua biaya operasi, termasuk pemeriksaan pra-operasi dan perawatan pasca-operasi, ditanggung oleh BPJS Kesehatan.
  • Akses ke layanan medis
    BPJS memberikan akses ke rumah sakit dan dokter spesialis yang berkualitas.
  • Keamanan finansial
    Pasien tidak perlu khawatir tentang biaya yang tinggi karena BPJS memberikan jaminan perlindungan kesehatan.

Persiapan Pasien

Pasien harus memastikan bahwa mereka memiliki kartu BPJS yang aktif dan semua dokumen yang diperlukan saat mengunjungi FKTP dan rumah sakit. Selain itu, penting untuk mengikuti semua instruksi medis dan menjaga komunikasi yang baik dengan penyedia layanan kesehatan.

Kesimpulan: Apakah Operasi Wasir bisa BPJS?

Operasi wasir yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan memberikan solusi yang terjangkau dan efektif bagi pasien yang membutuhkan intervensi bedah. Dengan mengikuti prosedur yang benar, pasien dapat mendapatkan perawatan yang diperlukan tanpa beban biaya yang besar. Saat ini, STWC Medan menawarkan opsi BPJS untuk operasi wasir. Segera lakukan konsultasi dengan klik di sini.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *