16 views
Apakah Operasi Wasir Sakit?

Operasi wasir atau hemoroid adalah prosedur medis yang umum dilakukan untuk mengatasi kasus wasir yang parah atau tidak merespons pengobatan lainnya. Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di dalam atau di sekitar anus dan rektum yang dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, perdarahan, dan ketidaknyamanan lainnya. Sejak jaman dahulu, operasi wasir dikenal sebagai operasi yang sangat menakutkan dan dianggap paling menyakitkan bagi penderita wasir. Mungkin Anda sering bertanya, apakah operasi wasir sakit? Walaupun operasi wasir terkadang menjadi sesuatu yang sangat dihindari bagi beberapa orang, namun banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat keparahan rasa sakit selama dan setelah operasi.

Faktor yang Memengaruhi Tingkat Rasa Sakit Operasi Wasir

Metode operasi

Ada beberapa metode yang digunakan untuk mengangkat wasir, seperti hemoroidektomi, ligasi pembuluh darah arteri hemoroid, atau penggunaan laser. Tingkat keparahan rasa sakit bisa berbeda-beda tergantung pada teknik operasi yang digunakan. Beberapa teknik baru bahkan menjanjikan pemulihan yang lebih cepat dan nyaman.

Tingkat keparahan wasir juga memengaruhi operasi wasir sakit

Keparahan wasir sebelum operasi bisa memengaruhi tingkat rasa sakit pasca operasi. Wasir yang lebih parah mungkin memerlukan prosedur yang lebih invasif, yang dapat meningkatkan rasa sakit dan waktu pemulihan.

Penanganan pasca operasi

Perawatan pasca operasi juga berpengaruh. Dokter biasanya akan meresepkan obat pereda nyeri untuk membantu mengurangi rasa sakit. Selain itu, perawatan luka dan menjaga kebersihan area operasi dapat membantu mengurangi risiko infeksi dan meningkatkan kenyamanan.

Baca Juga:  Hemoroid Eksterna, Pengertian dan Metode Pengobatannya

Faktor individual

Sensitivitas dan toleransi nyeri setiap individu berbeda-beda. Beberapa orang mungkin mengalami rasa sakit yang lebih parah daripada yang lain meskipun menjalani prosedur yang sama.

Komplikasi

Kadang-kadang, komplikasi seperti infeksi atau perdarahan pasca operasi dapat meningkatkan tingkat rasa sakit.

Pemulihan

Rasa sakit biasanya akan berkurang seiring berjalannya waktu saat tubuh mulai menyembuhkan diri. Penting untuk mengikuti petunjuk dokter tentang perawatan luka dan menghindari aktivitas yang dapat memperparah kondisi.

Apakah Operasi Wasir Zaman Sekarang Masih Sakit?

Setelah mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat rasa sakit pada operasi wasir, mari kita bahas mengenai metode operasi wasir yang minim rasa sakit. 

1. Ultrasonic

Metode ini dikenal dengan metode yang paling cocok untuk mengatasi wasir besar baik interna maupun eksterna. Alat ultrasonic memanfaatkan getaran untuk memotong jaringan wasir tanpa pisau bedah (minimal invasif) sehingga minim rasa sakit, minim perdarahan, dan tidak perlu operasi besar menggunakan bius total. Operasi menggunakan ultrasonic ini tergolong cepat, yaitu hanya 15 menit. Karena sangat minim luka, proses penyembuhan pasca operasi pun sangat cepat dibandingkan metode lainnya.

2. Radiofrequency

Metode ini memanfaatkan gelombang radiofrequency untuk mengecilkan bahkan menghilangkan jaringan wasir yang mengganggu. Metode ini pun termasuk minimal invasif, sehingga nyeri yang ditimbulkan pun sangat minim, bahkan tidak terasa seperti baru operasi. 

3. Well-c solusi operasi wasir yang minim sakit

Metode terbaru ini sangat cocok untuk wasir interna grade 1-3. Wasir diikat dengan menggunakan nilon yang sangat kuat sehingga mencegah adanya aliran darah ke jaringan wasir. Pengikatan menggunakan alat canggih ini mengakibatkan wasir akan lepas dengan sendirinya. Metode ini sangat sederhana dan paling terjangkau dibandingkan dengan metode lainnya. 

Baca Juga:  Tips Mengatasi Wasir Jika Saat Kambuh

Penting untuk diingat bahwa tujuan operasi wasir adalah untuk mengurangi gejala wasir yang mengganggu dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Jika Anda merasa cemas tentang operasi wasir, kunjungi dokter spesialis di Klinik ST Wasir Center untuk menentukan pengobatan dan metode yang tepat.  Dapatkan informasi lebih lanjut tentang prosedur berbagai metode operasi wasir dengan menghubungi Klinik ST Wasir Center 0878-8756-6315 atau kunjungi ST Wasir Center di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Medan dan Makassar.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *