235 views
Apakah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Wasir, juga dikenal sebagai ambeien, adalah kondisi medis yang melibatkan pembengkakan pembuluh darah di area rektum dan anus. Gejalanya dapat mencakup rasa gatal, nyeri, perdarahan, dan ketidaknyamanan saat buang air besar. Banyak orang bertanya-tanya apakah wasir bisa sembuh sendiri tanpa perlu perawatan medis. Namun, jawabannya dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan dan penyebabnya.

Jenis Wasir

Ada dua jenis utama wasir: wasir internal dan wasir eksternal.

  1. Wasir Internal: Wasir ini terjadi di dalam rektum dan seringkali tidak terlihat atau terasa. Mereka dapat berdarah saat buang air besar dan dapat terjadi tanpa disadari. Wasir internal cenderung kurang menyebabkan nyeri fisik tetapi dapat menyebabkan perdarahan yang terkadang signifikan.
  2. Wasir Eksternal: Wasir ini terjadi di sekitar anus dan dapat terlihat atau dirasakan sebagai benjolan lembut. Mereka bisa sangat nyeri dan terkadang menyebabkan gatal dan perdarahan.

Apakah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Beberapa faktor pertimbangan yang dapat memengaruhi apakah wasir bisa sembuh sendiri termasuk:

  1. Tingkat Keparahan: Wasir yang lebih ringan, terutama yang masih dalam tahap awal, cenderung memiliki peluang lebih besar untuk sembuh sendiri dengan perawatan rumah dan perubahan gaya hidup. 
  2. Gejala: Jika gejala wasir tidak terlalu mengganggu dan hanya menyebabkan ketidaknyamanan ringan, mereka mungkin bisa diatasi dengan perawatan rumah.
  3. Perdarahan: Jika perdarahan dari wasir relatif ringan dan tidak berkelanjutan, kemungkinan besar akan sembuh sendiri. Namun, perdarahan yang lebih parah dan berkepanjangan perlu mendapat perhatian medis.
  4. Respon Terhadap Perawatan Rumah: Jika gejala wasir merespons baik terhadap perawatan rumah seperti perubahan diet, olahraga, dan penggunaan krim hemoroid, kemungkinan besar wasir akan sembuh sendiri.
  5. Kepatuhan Terhadap Perawatan: Kepatuhan terhadap perubahan gaya hidup dan perawatan rumah juga berperan penting dalam potensi penyembuhan sendiri.
Baca Juga:  Apakah Penderita Kandiloma Sudah Pasti Terkena HIV?

Wasir yang ringan cenderung dapat membaik dengan sendirinya dengan perubahan gaya hidup dan perawatan rumah. Namun, dalam beberapa kasus, wasir mungkin tidak sembuh sepenuhnya tanpa perawatan medis yang sesuai. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu wasir sembuh sendiri:

  1. Pola Makan Sehat: Konstipasi dapat memperburuk wasir. Meningkatkan asupan serat dalam makanan, minum cukup air, dan menghindari makanan pedas serta alkohol dapat membantu mencegah konstipasi.
  2. Pergi ke Toilet dengan Tepat: Hindari menahan buang air besar dan segera pergi ke toilet saat merasa ingin buang air besar. Menahan dapat memperburuk kondisi wasir.
  3. Hindari Mengedan Berlebihan: Usahakan untuk tidak terlalu keras mengejan saat buang air besar, karena hal ini dapat meningkatkan tekanan di area tersebut.
  4. Perawatan Pribadi: Menggunakan krim atau salep hemoroid yang dijual bebas, mandi air hangat, dan kompres dingin dapat membantu meredakan gejala wasir.
  5. Olahraga Teratur: Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko wasir.

Kesimpulan

Namun, jika gejala wasir tidak membaik setelah beberapa minggu atau jika gejalanya semakin parah, sangat penting untuk mencari saran medis. Dokter dapat menilai tingkat keparahan wasir dan memberikan perawatan yang sesuai, termasuk resep obat, prosedur medis, atau intervensi bedah jika diperlukan.

Oleh karena itu, konsultasikan wasir atau penyakit anorektal kamu dengan dr. Tony Sukentro, Sp.B di Klinik ST Wasir Center Jakarta. ST Wasir Center hadir sebagai solusi permasalahan wasir dengan membawa berbagai layanan metode terkini untuk pengobatan wasir. Pengobatannya juga dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dengan tenaga medis ahli professional, juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Kamu, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai biaya, lokasi, hingga metode yang ada di ST Wasir Center dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *