10 views
Awas, Ini Penyebab Wasir Anda Kambuh!

Pernahkan Anda bertanya-tanya apa penyebab wasir kambuh lagi padahal Anda sudah mengobatinya? Terlebih jika Anda sudah melakukan segala cara untuk mencegah ambeien datang kembali, baik dengan perubahan pola makan, obat-obatan apotek, hingga obat tradisional tetapi ambeien tetap kambuh lagi. 

Penyebab wasir kambuh utamanya karena ada tekanan di pembuluh darah rektum atau anus. Kondisi tersebut bisa dipengaruhi beberapa faktor penyebab ambeien kambuh, antara lain:

  1. Pertambahan usia atau penuaan 
  2. Sembelit atau diare kronis 
  3. Kehamilan 
  4. Terlahir dari keluarga penderita ambeien 
  5. Kebiasaan mengejan saat BAB 
  6. Efek samping obat pencahar yang berlebihan duduk berlama-lama di toilet 

Selain kondisi di atas, penelitian baru menunjukkan penyebab ambeien kambuh bisa karena . 

Melansir Harvard Health Publishing, studi menyebut sejumlah penderita ambeien memiliki saluran anus dengan tegangan otot (tonus) yang tinggi. Kondisi ini membuat otot polos saluran anus penderita ambeien cenderung menegang terus, bahkan saat tidak mengejan. Masalah ini bisa lebih parah ketika terjadi sembelit. Pasalnya, mengejan saat BAB meningkatkan tekanan di saluran anus dan mendorong pembuluh darah.

Lambat laun, jaringan ikat yang menopang dan menahan ambeien bisa melemah, sehingga ambeien kambuh. Ambeien dapat didiagnosis dari pemeriksaan riwayat medis dan fisik penderita. Ambeien luar bisa mudah dilihat, terutama jika ada pembekuan darah yang terbentuk. Dokter juga jamak merekomendasikan pemeriksaan kotoran BAB, pemeriksaan saluran anus, atau kolonoskopi.

Jika Anda merasakan wasir Anda kambuh kembali, lakukan pengobatan lanjutan ke Klinik ST Wasir Center. Temui dokter bedah profesional untuk mendapatkan pelayanan yang memuaskan dan wasir Anda akan sembuh tanpa kambuh kembali. Segera atur jadwal temu atau langsung berkunjung ke Klinik ST Wasir Center yang berlokasi di Rukan Aries Niaga Blok D1/2N Jl. Aries Utama IV No.7, RT.12/RW.8, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620

Rate this post
Baca Juga:  Wasir Sebaiknya Berobat Kemana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *