19 views
Jenis- jenis Pekerjaan yang Rentan Wasir

Wasir atau ambeien adalah salah satu penyakit yang membuat penderitanya tidak nyaman. Banyak faktor pemicu dari munculnya ambeien ini, di mana salah satunya adalah kebiasaan buruk. Banyak kebiasaan buruk yang menjadi pemicu munculnya wasir, di antaranya adalah duduk dalam waktu lama, kebiasaan mengejan saat BAB (Buang Air Besar), seringnya menunda BAB, dan lainnya. Kebiasaan buruk ini diperparah dengan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan seseorang melakukan kebiasaan buruk ini. Ada beberapa pekerjaan yang membuat seseorang rentan terkena wasir, apa saja?

Beberapa Pekerjaan Yang Rentan Mengalami Wasir

1. Pegawai Kantoran

Pegawai kantoran adalah orang yang super sibuk dengan rutinitasnya setiap hari. Karyawan inilah yang selalu berkutat dengan deadline dan tidak  jarang mereka harus membawa pekerjaan kantor untuk diselesaikan di rumah. Walaupun mungkin mendapatkan gaji yang lumayan, namun bekerja terus tanpa henti tentu membuat tubuh lelah. Selain lelah fisik, seorang karyawan kantoran bisa saja mengalami tekanan mental jika terus mendapat tekanan.

Pegawai kantoran yang tidak henti bekerja membuat tubuhnya rentan mengalami penyakit. Salah satu penyakit yang rentan menyerang adalah ambeien. Hal ini terjadi akibat kebiasaan pegawai kantoran yang hanya duduk di depan laptop dalam jangka waktu cukup lama. Kebiasaan ini diperparah saat orang tersebut tidak suka berjalan atau bergerak dan cenderung malas bergerak. 

2. Pekerjaan Dengan Job Desk Mengangkat Beban Yang Rentan Mengalami Wasir

Banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan tenaga cukup besar untuk mengangkat beban, misalnya atlet angkat beban, kuli panggul, dan pekerjaan lainnya. Olahraga angkat beban memang membentuk otot dengan baik, namun olahraga ini tidak disarankan bagi penderita ambeien.

Baca Juga:  Mengonsumsi Kacang-Kacangan Setelah Operasi Fistula Ani

Olahraga angkat beban sendiri termasuk dalam kategori strength training. Aktivitas fisik ini bertujuan untuk melatih otot dengan bantuan beban eksternal, misalnya barbel atau berat badan sendiri. Dengan rutin melakukan angkat beban, maka otot akan dilatih untuk beradaptasi terhadap tekanan, sehingga dapat lebih kuat. Olahraga angkat beban memang baik untuk pembentukan otot, namun tidak disarankan untuk dilakukan bagi penderita ambeien karena dapat menyebabkan efek samping tertentu.

 3. Pekerjaan Yang Mengharuskan Berdiri Lama

Saat melakukan pekerjaannya, mengharuskan pekerjanya dalam posisi berdiri dalam waktu yang lama. Pekerjaan ini misalnya barista, penata rambut, tukang cukur, koki dan lainnya. Posisi berdiri terlalu lama memiliki dampak negatif pada beberapa otot, rangka dan peredaran darah, yang nantinya juga memicu timbulnya stasis. Itu sebabnya Anda melakukan istirahat atau menggerakkan kaki dengan gerakan sederhana, misalnya berjongkok, jinjit atau memindahkan beban tubuh (kiri dan kanan) setiap 2-3 menit sekali.

Apabila Anda mengalami pertanyaan perihal wasir, maka jangan sungkan untuk berkunjung ke klinik ST Wasir Center atau hubungi hotline 0878-8756-6315 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau langsung melakukan konsultasi.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *