94 views
Bagaimana Gejala Kutil Kelamin?

Kutil kelamin, juga dikenal sebagai kandiloma akuminata, adalah salah satu penyakit menular seksual yang umum. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus human papillomavirus (HPV) tertentu. Kutil kelamin dapat muncul pada area genital, termasuk venis, vulva, vagina atau anus. Berikut penjelasan gejala kutil kelamin, penyebab hingga pengobatannya.

Gejala Kutil Kelamin

  1. Pertumbuhan daging berukuran kecil hingga menengah
  2. Terasa gatal atau tidak nyaman
  3. Kutil yang berdarah
  4. Kutil yang tumbuh diarea yang sulit terlihat

Penyebab Kutil Kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi virus HPV, terutama jenis 6 dan 11. Virus ini dapat menyebar melalui kontak seksual, termasuk hubungan seksual vaginal, anal atau oral dengan pasangan yang terinfeksi. Bahkan, seseorang yang tidak memiliki gejala kutil kelamin tetap dapat menularkan virus kepada pasangannya.

Pengobatan Kutil Kelamin

Meskipun kutil kelamin tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, pengobatan bertujuan untuk menghilangkan kutil yang ada, mencegah penyebaran lebih lanjut, dan mengurangi gejala yang mungkin muncul.

Berikut beberapa pilihan pengobatan yang tersedia:

  1. Obat topical: Krim atau solusi obat yang diterapkan langsung pada kutil dapat membantu menghancurkan jaringan yang terinfeksi. Penggunaan obat ini biasanya memerlukan pengulangan dalam beberapa minggu atau bulan
  2. Prosedur medis: Dokter dapat menggunakan berbagai metode untuk menghilangan kutil, seperti krioterapi ( pembekuan dengan nitrogen cair ), elektrocauter ( pembakaran dengan listrik ), pembedahan.
  3. Pengobatan radiofrekuensi: Dalam beberapa kasus, radiofrekuensi dapat menghancurkan kutil kelamin, dengan memanfaatkan gelombang dari radiofrekuensi itu dapat menghancurkan kutil kelamin itu.
  4. Terapi imun: Beberapa kasus kutil kelamin dapat merespons baik terhadap terapi imun untuk meningkatkan respons system kekebalan tubuh terhadap infeksi HPV. Ini dapat melibatkan penggunaan obat-obatan seperti interferon atau imiquimod.
  5. Pembedahan: Jika kutil kelamin besar atau sulit diobati dengan metode lain, dokter dapat merekomendasikan pembedahan untuk mengangkat kutil secara fisik. Prosedur ini biasanya dilakukan dibawah anastesi local.
Baca Juga:  Kapan Diperbolehkan Melakukan Seks setelah Tindakan Wasir?

Pencegahan

  1. Praktik seks yang aman : Penggunaan kondom saat berhubungan seks, dapat mengurangi risiko terkena infeksi HPV
  2. Vaksinasi HPV : Untuk melindungi terhadap jenis-jenis HPY yang paling umum yang menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks
  3. Pemeriksaan rutim : Pemeriksaan rutin dengan dokter professional dapat membantu untuk mendeteksi infeksi HPV pada kutil kelamin , dan dapat menyarankan untuk pengobatan lebih awal
Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *