153 views
Ambeien Harus Ke Dokter Spesialis Apa?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai dokter spesialis yang menangani ambeien, penting untuk mengetahui apa itu ambeien. Ambeien, juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di daerah rektum dan anus mengalami pembengkakan dan peradangan. Meskipun beberapa kasus ambeien dapat diatasi dengan perawatan rumah yang sederhana, dalam banyak kasus, penting untuk mencari bantuan dari seorang dokter spesialis untuk diagnosis yang tepat dan perawatan yang efektif. 

Apa Saja Gejala Awal Ambeien?

Gejala awal ambeien dapat bervariasi antar individu, tetapi beberapa gejala umum yang sering muncul meliputi:

  1. Perdarahan: Salah satu gejala paling umum ambeien adalah perdarahan dari anus saat buang air besar. Darah mungkin terlihat pada tisu toilet atau di dalam toilet. Biasanya, darah tersebut berwarna merah terang dan tidak disertai rasa sakit.
  2. Rasa gatal atau perih: Daerah sekitar anus dapat terasa gatal atau perih. Hal ini disebabkan oleh iritasi yang disebabkan oleh pembengkakan dan peradangan pembuluh darah yang terkena.
  3. Bengkak dan benjolan: Ambeien dapat menyebabkan pembengkakan dan benjolan di sekitar anus. Benjolan tersebut biasanya lembut dan dapat terasa sensitif atau nyeri saat disentuh.
  4. Rasa tidak nyaman atau sakit: Beberapa orang dengan ambeien mengalami rasa tidak nyaman atau nyeri di daerah rektum. Nyeri ini dapat terjadi saat duduk, berjalan, atau selama buang air besar.
  5. Sensasi tidak sepenuhnya tuntas setelah buang air besar: Ambeien dapat menyebabkan perasaan bahwa tidak semua tinja telah dikeluarkan setelah buang air besar. Sensasi ini disebabkan oleh adanya benjolan atau pembengkakan yang menghambat aliran tinja.
  6. Prolaps: Pada kasus yang lebih parah, ambeien dapat prolaps, yaitu benjolan ambeien keluar dari anus dan sulit untuk didorong kembali ke dalam.
Baca Juga:  Klinik Ambeien Terbaik dengan Biaya Operasi Terjangkau di Jakarta!

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala ini, penting untuk mencari evaluasi medis. Dokter spesialis ambeien dapat melakukan diagnosis secara tepat dan perawatan yang sesuai. Perhatikan bahwa gejala ini juga dapat menjadi tanda penyakit lain, sehingga penting untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dari profesional medis.

 

Dokter Spesialis yang Menangani Ambeien

Jenis dokter yang harus dikonsultasikan ketika mengalami ambeien adalah dokter spesialis bedah. Mereka memiliki pengetahuan dan keahlian khusus dalam mendiagnosis dan mengelola masalah terkait dengan saluran pencernaan bagian bawah, termasuk ambeien.

Ketika Anda berkonsultasi dengan seorang dokter spesialis bedah, mereka akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin juga memerlukan beberapa tes tambahan, seperti video rectoscopy untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang kondisi Anda. Tes-tes ini membantu dokter untuk mengevaluasi tingkat keparahan ambeien Anda dan memastikan bahwa tidak ada masalah lain yang menyebabkan gejala yang serupa.

Setelah diagnosis yang tepat, dokter spesialis akan merencanakan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Pengobatan untuk ambeien dapat meliputi perubahan gaya hidup, penggunaan obat-obatan, atau dalam beberapa kasus yang lebih parah, prosedur bedah.

Dalam beberapa situasi, dokter mungkin merujuk Anda kepada spesialis lain, seperti ahli gastroenterologi, tergantung pada kondisi dan perkembangan selanjutnya. Penting untuk mengikuti saran dan arahan dari dokter spesialis yang merawat Anda secara teratur untuk memastikan bahwa pengobatan berjalan dengan baik dan menghindari komplikasi yang lebih serius.

Dokter Spesialis Yang Menangani Ambeien – ST Wasir Center

Dokter Spesialis Bedah ST Wasir Center dr. Tony Sukentro, Sp.B mengatakan penting untuk memeriksakan kondisi ambeien mulai terjadinya gejala awal untuk dapat menentukan pengobatan sedini mungkin. Penundaan pemeriksaan ambeien dapat menjadi masalah yang lebih serius kedepannya. Di Klinik ST Wasir Center, pemeriksaan ambeien sudah menggunakan teknologi canggih dari Korea Yaitu Video Rectoscopy. Teknologi ini digunakan untuk mengetahui kondisi ambeien pasien lebih akurat. Hasil pemeriksaan ini dapat menjadi bahan pertimbangan dokter untuk menentukan metode penanganan wasir yang tepat. Seperti di Klinik ST Wasir Center, tindakan operasi bedah bisa melalui 3 metode berdasarkan kondisi ambeien masing-masing pasien. Metode tersebut yaitu Ligating Band, Ultrasonic, dan Radiofrequency. Ketiga metode tersebut merupakan minimal invasif, tanpa rawat inap, dan minim rasa sakit.

Baca Juga:  Jangan Ditunda! Nahan BAB Bisa Menyebabkan Wasir!

Selain mencari perawatan medis yang tepat, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mengelola gejala ambeien. Ini meliputi menjaga pola makan yang sehat dan kaya serat, menghindari mengejan saat buang air besar, menjaga kebersihan daerah rektal, dan menghindari penggunaan tisu toilet kasar. Tetapi jika gejala ambeien Anda terus berlanjut atau memburuk, penting untuk mencari bantuan medis dari dokter spesialis.

Dalam kesimpulannya, ambeien adalah kondisi yang mempengaruhi banyak orang, dan berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah adalah langkah yang penting untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan yang efektif. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika Anda mengalami gejala ambeien yang mengganggu atau berkepanjangan.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *