67 views
Mitos atau Fakta, Benarkah Wasir adalah Penyakit Keturunan?

Wasir atau ambeien merupakan pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Gaya hidup yang tidak sehat, disebut-sebut jadi salah satu penyebab timbulnya wasir. Wasir meski bukan penyakit serius, tetapi jika didiamkan bisa menjadi awal penyakit yang mematikan. Wasir tidak bisa disepelekan sehingga diperlukan pengobatan serius untuk penyakit ini. Kamu bisa melakukan pengobatan di Klinik ST Wasir Center. Namun sebelum itu, kamu dapat mengetahui terlebih dahulu terkait mitos dan fakta yang berkembang. Wasir hanyalah penyakit keturunan, jika didiamkan akan sembuh sendirinya, benarkah?

Agar tidak terjebak mitos, Spesialis Penyakit Dalam, Dr.dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB menjelaskan seputar fakta di balik mitos yang beredar tentang wasir. Simak rangkumannya pada artikel di bawah ini.

Wasir penyakit keturunan 

Wasir memang disebabkan oleh faktor genetik namun pengaruhnya ternyata tidaklah terlalu besar. Namun biasanya gaya hidup atau pola makan keluarga yang justru menjadi penyebab timbulnya wasir. 

Lansia rentan wasir

Umumnya makin tinggi usia, makin jarang bergerak. Hal ini yang jadi penyebab, mengapa lansia sangat rentan menderita wasir. Bisa juga, karena kebanyakan lansia makin malas minum. Dari situlah, mudah timbul wasir.

Sebabkan kanker – wasir penyakit keturunan

Faktanya wasir tidak ada hubungannya dengan kanker, tapi ada juga pasien alami wasir, dan perdarahan, nah ternyata beberapa sentimeter di dekat lubang dubur ada kanker.  Perlu diketahui, justru timbulnya wasir bisa bersamaan dengan terjadinya kanker. Untuk itu, wasir bisa dijadikan alarm kanker. Apalagi jika disertai gejala berat badan turun drastis, terdapat riwayat kanker usus besar, biasa makan daging merah dan tak suka makan sayur. 

Baca Juga:  Workshop Hemoroid Untuk Penanganan Maksimal Wasir di ST Wasir Center  

Wasir bisa kambuh 

Wasir memang bisa kambuh kembali setelah melakukan pengobatan. Hal tersebut terjadi karena pasien tidak ingin mengubah pola hidupnya.

Hamil sebabkan wasir 

Kehamilan memang menyebabkan tekanan pada area panggul atau poros usus di daerah anus. Jadi bisa saja yang sudah punya bakat wasir, keluar wasirnya. Atau pada saat proses mengejan saat melahirkan bisa menyebabkan timbul wasir, jadi saat mengejan, bantalan pembuluh darah keluar dan menyebabkan wasir. Selain itu, malas gerak pada ibu hamil juga bisa jadi menimbulkan wasir.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *