11 views
Ternyata Beberapa Kondisi Kesehatan Ini dapat Menyebabkan Wasir Berdarah

Pendarahan pada anus adalah tanda adanya sebuah masalah pada kesehatan seseorang, khususnya pada bagian saluran pencernaan. Kondisi tersebut tidak bisa dianggap sepele dan menjadi tanda gejala wasir berdarah yang cukup parah.

Walau tidak berbahaya dan bisa disembuhkan, kondisi seperti ini tentunya tidak bisa dianggap sepele. Wasir berdarah biasanya terjadi saat penderita buang air besar atau setelah mengeluarkan tinja yang keras. Hal ini diikuti gejala anus gatal, sedikit nyeri, dan jaringan kulit yang menonjol di anus.

Maka dari itu, jika mengalami hal seperti yang disebutkan, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan secepatnya.

Tanda-tanda penyebab munculnya wasir berdarah

Salah satu cara mencegah masalah pencernaan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan rajin minum air mineral. Untuk mencegah berbagai risiko serius, maka Anda perlu tahu lebih awal mengenai apa saja penyebab wasir berdarah ini.

Di bawah ini ada beberapa informasi yang dapat Anda ketahui.

1. Kolitis

Wasir yang berdarah bisa juga disebabkan karena kolitis. Kolitis adalah peradangan yang terjadi pada usus yang disebabkan karena infeksi dan pola makan yang tidak teratur.

2. Polip Usus

Polip adalah pertumbuhan jaringan dari dinding usus yang menonjol ke lumen usus. Walau para penderita polip usus ini tidak memiliki gejala yang serius, namun pasien polip usus dapat mengalami berbagai keluhan, salah satunya adalah wasir yang berdarah.

Walau tidak memiliki gejala yang serius, namun pendarahan yang terjadi secara terus-menerus akan mengancam jiwa pasien.

Baca Juga:  Kenapa Ambeien Harus Dioperasi?

3. Anal Fissure

Selain disebabkan karena polip usus, wasir berdarah juga bisa disebabkan karena adanya anal fissure. Keadaan ini terjadi karena adanya robekan pada kulit di area anus.

Hal ini tentu saja membuat penderita merasa kesakitan karena kulit di area tersebut jadi sensitif. Walau hal ini menyebabkan pendarahan, tapi Anda tidak perlu khawatir. Pendarahan yang terjadi dapat dengan cepat berhenti dan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

4. Kanker Usus

Kanker ini sudah jadi salah satu kanker yang paling sering ditemui. Faktor risiko dari kanker usus adalah karena kurangnya mengkonsumsi sayur dan terlalu sering mengkonsumsi daging merah.

Sering merokok juga jadi salah satu alasan meningkatnya pasien kanker usus. Gejala dari penyakit ini biasanya dilihat dari perubahan feses, menurunnya berat badan, dan kesulitan buang air besar yang dapat membuat pendarahan terjadi.

5. Ulkus Lambung

Atau yang biasa dikenal sebagai tukak lambung adalah penyakit yang disebabkan karena adanya luka yang terjadi di lapisan lambung atau duodenum (ujung atas usus kecil).

Pasien penderita ulkus lambung ini akan mengalami berbagai keluhan mulai dari nyeri pada ulu hati saat selesai makan, mual, dan terjadi pendarahan saat buang air besar.

6. Pendarahan Saluran Pencernaan

Di beberapa kasus, pendarahan di sistem pencernaan akan muncul di feses. Pendarahan ini disebabkan karena adanya beberapa hal seperti :

  • Divertikulosis
  • Penyakit radang usus
  • Sembelit
  • Infeksi usus

Darah yang keluar dari anus karena pendarahan saluran pencernaan akan tampak lebih gelap dan hampir hitam .

Berbagai penyebab wasir berdarah di atas dapat Anda waspadai. Jika mengalami buang air besar berdarah, maka segera konsultasikan dengan dokter agar mendapat penanganan dengan cepat.

Baca Juga:  Awas, Fistula Ani Bisa Menyebabkan Komplikasi Yang Serius

Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi adalah ST Wasir Center yang telah menangani lebih dari 1000 kasus wasir dan fistula.

Anda juga akan mendapatkan pelayanan terbaik untuk kepuasan pasien dan keluarga. Dengan alat canggih dan terkini, ST Wasir Center dapat mengatasi wasir dalam 15 menit dengan minim rasa sakit, pendarahan, dan tanpa rawat inap.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *