42 views
Buah Kaya Serat Yang Cocok Untuk Penderita Ambeien

Menderita sakit ambeien pastinya sangat tidak nyaman. Umumnya, penyakit ambeien banyak ditemui pada orang-orang yang tidak teratur atau jarang buang air besar (BAB). Menurut The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, salah satu cara mencegah dan mengatasi penyakit wasir atau ambeien adalah mengonsumsi makanan berserat tinggi. The Heart Association Eating Plant menyarankan orang dewasa untuk memenuhi asupan serat sebanyak 25 – 30gram sehari dari makanan berserat, seperti buah-buahan. Lalu, apa saja jenis buah kaya serat yang cocok dikonsumsi oleh penderita ambeien? Cek di bawah ini!

Inilah 5 Jenis Buah Kaya Serat yang Cocok untuk Penderita Ambeien

Alpukat

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Food Science and Nutrition, 100gram buah alpukat menyediakan sebanyak 7gram serat atau sekitar 25% dari rekomendasi asupan serat harian. Studi yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information (NCBI) menyatakan bahwa kandungan serat dan nutrisi lain dalam alpukat bisa memaksimalkan fungsi organ pencernaan. Hasil penelitian dari John Hopkins Medicine juga menyataka bahwa alpukat baik untuk sistem pencernaan yang akan mengatasi dan mencegah masalah sistem cerna, seperti sembelit, diare, dan ambeien.

2. Pisang

Buah kaya serat berikutnya yang bisa dikonsumsi oleh penderita ambeien adalah pisang. Berdasarkan data dari Food Data Central U.S. Department of Agriculture, setiap 100 gram pisang mengandung serat sebanyak 2,6 gram.Serat pada buah pisang bersama dengan nutrisi lain seperti pektin, dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan sekaligus melawan sembelit.

Baca Juga:  9 Pantangan Makanan Penderita Fistula Ani agar Cepat Sembuh

Pisang juga merupakan sumber pektin yang dapat meningkatkan proses pencernaan di dalam tubuh. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients melalui National Center for Biotechnology Information (NCBI) juga mengungkapkan bahwa pisang mengandung prebiotik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mikroba usus.

3. Apel

Sesuai hasil studi yang diterbitka oleh European Journal of Clinical Nutrition, apel merupakan jenis buah dengan kandungan serat yang tinggi. Menurut Food Data Central U.S. Department of Agriculture, sebanyak 100 gram buah apel menyediakan 2,4 gram serat yang baik untuk kesehatan. Dengan kandungan serat yang tinggi, maka apel sangat baik untuk melancarkan buang air besar serta mencegah konstipasi. Kandunga pektin pada buah apel juga berperan sebagai nutrisi bagi bakteri baik dalam saluran cerna, sehingga mampu memelihara fungsi pencernaan tubuh.

4. Raspberry

Buah kaya serat selanjutnya yang dapat dikonsumsi penderita ambeien adalah raspberry. Menurut data dari Food Data Central U.S. Department of Agriculture, 100gram buah raspberry mengandung nutrisi berupa serat sebanyak 6,5 gram. Studi yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information menyatakan bahwa konsumsi raspberry yang kaya akan serat dapat melancarkan pencernaan dan menjaga keseimbanga bakteri baik dalam usus. Konsumsi rutin raspberry juga sekaligus mengurangi risiko mengalami gangguan pencernaan, seperti wasir dan sembelit.

5. Kiwi

Kiwi menjadi piliha buah kaya serat selajutnya yang baik dikonsumsi oleh penderita ambeien. U.S. Departement of Agriculture menyatakan bahwa setiap 100gram kiwi menyediakan serat sebanyak 3 gram. Penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition menyatakan bahwa serat adalah buah padat nutrisi. Selain serat, kiwi juga mengandung nutrisi lain, seperti vitamin E, vitamin C, vitamin K, kalium, dan antioksidan. Apabila buah ini dikonsumsi secara rutin, maka bisa menyehatka pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca Juga:  Mengatasi Fistula dan Wasir Kambuh secara Bersamaan

Itulah beberapa jenis buah kaya serat yang cocok dikonsumsi oleh penderita ambeien. Dengan mengonsumsi buah-buaha kaya serat tersebut, maka sistem pencernaan menjadi lancar dan tidak mengalami sembelit. Dengan begitu, masalah ambeien bisa diatasi dan tidak semakin parah.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *