1,303 views
Mengenali Tanda-Tanda Wasir yang Akan Sembuh

Wasir, juga dikenal sebagai ambeien, adalah kondisi medis yang umum terjadi di sekitar anus dan rektum. Gejala wasir meliputi rasa sakit, gatal, dan perdarahan saat buang air besar. Namun, dengan perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup, wasir dapat sembuh dengan sendirinya. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa wasir sedang sembuh.

Tanda-tanda Wasir akan Sembuh

  1. Penurunan Gejala yang Parah: Salah satu tanda pertama bahwa wasir Anda sedang sembuh adalah penurunan gejala yang parah. Awalnya, Anda mungkin mengalami rasa sakit yang intens, gatal, dan perdarahan saat buang air besar. Namun, ketika wasir mulai sembuh, Anda akan merasakan penurunan dalam intensitas gejala ini. Rasa sakit dan gatal akan berkurang secara bertahap, dan perdarahan juga akan semakin berkurang.
  2. Penyembuhan Luka pada Wasir Eksternal: Wasir eksternal terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus membengkak dan terlihat jelas. Jika Anda mengalami wasir eksternal, tanda-tanda penyembuhan dapat terlihat pada luka yang semakin mengecil. Pembengkakan pada wasir akan berkurang secara bertahap, dan kulit di sekitarnya akan mulai pulih. Anda mungkin merasa kurang nyeri saat duduk atau berjalan.
  3. Berkurangnya Ukuran Wasir Internal: Wasir internal terjadi di dalam rektum dan seringkali tidak terlihat secara visual. Namun, gejalanya bisa termasuk perdarahan saat buang air besar dan rasa tidak nyaman. Ketika wasir internal mulai sembuh, ukurannya akan berkurang secara bertahap. Anda mungkin mengalami penurunan perdarahan dan merasa lebih nyaman saat buang air besar. Juga, mungkin akan lebih mudah bagi Anda untuk membersihkan area tersebut setelah buang air besar.
  4. Hilangnya Benjolan atau Pembengkakan: Wasir yang parah dapat menyebabkan benjolan atau pembengkakan yang terlihat dan teraba di sekitar anus. Namun, ketika wasir sembuh, benjolan ini akan berkurang atau bahkan hilang sepenuhnya. Anda mungkin akan merasakan penurunan pembengkakan dan kembali ke bentuk normalnya. Penting untuk diingat bahwa jika benjolan atau pembengkakan tidak menghilang atau terus bertambah besar, Anda harus berkonsultasi dengan profesional medis.
Baca Juga:  Makanan yang Dianjurkan Setelah Operasi Ambeien: Menu untuk Pemulihan yang Cepat

Jika wasir Anda menunjukkan tanda-tanda sembuh, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan pemulihan yang optimal dan mencegah kekambuhan. Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan:

Yang Perlu Dilakukan Jika Wasir Mulai Sembuh

  1. Teruskan Perawatan yang Dianjurkan: Meskipun wasir Anda menunjukkan tanda-tanda sembuh, penting untuk tetap melanjutkan perawatan yang direkomendasikan oleh dokter atau profesional medis. Ini mungkin termasuk penggunaan salep atau krim topikal untuk meredakan gejala atau mengurangi pembengkakan. Pastikan untuk mengikuti instruksi penggunaan dengan cermat.
  2. Pertahankan Kebersihan yang Baik: Membersihkan area anal dengan lembut setelah buang air besar sangat penting untuk mencegah infeksi dan mempercepat pemulihan. Gunakan air hangat atau tisu lembut yang tidak mengandung alkohol atau pewangi. Hindari penggunaan tisu toilet yang kasar yang dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut.
  3. Perhatikan Gaya Hidup Sehat: Menerapkan gaya hidup sehat dapat membantu mencegah kekambuhan wasir. Pastikan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, serta minum banyak air untuk menjaga tinja tetap lunak dan mencegah sembelit. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama dan cobalah untuk berolahraga secara teratur untuk menjaga sirkulasi darah yang baik.
  4. Hindari Mengedan Berlebihan: Mengedan saat buang air besar dapat memperburuk wasir atau menyebabkan kekambuhan. Usahakan untuk menghindari mengedan berlebihan atau mengejan terlalu keras. Jika Anda mengalami kesulitan dalam buang air besar, cobalah menggunakan pencahar lembut atau berbicara dengan dokter Anda tentang opsi lain yang mungkin membantu.
  5. Jaga Berat Badan yang Sehat: Memperhatikan berat badan yang sehat dapat mengurangi tekanan pada area anal dan mencegah pembengkakan yang lebih lanjut. Jika Anda kelebihan berat badan, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli diet untuk merencanakan program penurunan berat badan yang sehat dan terarah.
  6. Konsultasikan dengan Dokter: Meskipun wasir Anda menunjukkan tanda-tanda sembuh, tetaplah berkomunikasi dengan dokter Anda. Mereka dapat memberikan panduan dan saran tambahan untuk memastikan pemulihan yang tepat. Juga, jika gejala kembali atau memburuk, penting untuk segera menghubungi dokter.
Baca Juga:  Langkah-Langkah Menghadapi Bab Keluar dari Lubang Fistula

Selalu ingatlah bahwa setiap individu dapat memiliki pengalaman yang berbeda dalam pemulihan wasir. Jika ada kekhawatiran atau pertanyaan tambahan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional medis.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *