64 views
Cara Atasi Wasir agar Tidak Kambuh

Wasir (hemorrhoid) atau seringkali dikenal sebagai penyakit yang sangat umum terjadi, terutama pada orang dewasa. wasir terjadi akibat adanya pembengkakan pada pembuluh darah balik di area sekitar anus. Penyebab wasir sangat beragam, umumnya karena adanya tekanan besar. Bagi beberapa orang akan merasa kesulitan untuk mencari cara atasi wasir agar tidak kambuh kembali. Pada ambeien stadium ringan, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya.

Wasir tidak menyebabkan kematian, namun penyakit ini sangat mengganggu aktivitas penderita karena sangat menyakitkan. Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi wasir, dari kebiasaan, cara alami, ataupun jalan medis yaitu operasi wasir. Namun, untuk mencegahnya, wasir dapat diatasi dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Berikut ini adalah berbagai cara untuk mengatasi wasir.

Cara Atasi Wasir

1. Perbanyak konsumsi serat

wasir umumnya bisa kambuh karena tubuh kekurangan serat. Makanya, cara mengatasi wasir agar tidak kambuh yang paling tepat adalah mengonsumsi makanan cukup serat setiap hari. Beberapa rekomendasi makanan tinggi serat yang baik untuk penderita wasir adalah buah, sayur, nasi merah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

2. Kurangi duduk terlalu lama

Jika Anda bekerja di kantor dan kerap menghabiskan waktu duduk yang lama tak perlu khawatir. Kita bisa membuat jadwal-jadwal khusus untuk berdiri dan jalan-jalan sejenak. Paling simpel, setiap duduk selama 1 jam, luangkan waktu 10-15 menit untuk berdiri.

Baca Juga:  Apakah Setelah Operasi Wasir Bisa Kambuh Kembali?

3. Hindari mengejan terlalu kuat saat BAB

Saat feses susah keluar, kita seringkali mengejan sangat kuat. Namun hal ini sangat tidak baik untuk wasir. Lebih baik kita hindari mengejan dengan tarik dan buang nafas serta angkat kaki sedikit agar jalan keluar feses lebih mudah. 

 4. Perbanyak konsumsi air mineral

Beberapa studi menunjukkan bahwa air memiliki peran penting dalam menyehatkan pencernaan. Cukup minum air dapat membuat saluran pembuangan di tubuh menjadi lunak dan itu artinya mencegah konstipasi.

5. Hindari mengangkat beban terlalu berat

Penelitian menunjukkan kelebihan beban pada tubuh bagian bawah, dapat menekan pembuluh darah di sekitar anus dan menyebabkan wasir. Jadi, ketika berolahraga angkat beban, ingat untuk bernapas secara teratur untuk meringankan beban dan tekanan pada kuartal belakang tubuh.

6. Olahraga teratur

Harvard Health menganjurkan berolahraga kardio 20 sampai 30 menit sehari dengan intensitas moderat, seperti jalan cepat, untuk merangsang perut dan membuat jadwal BAB menjadi teratur.

7. Kompres dengan es batu

Cara mengatasi wasir agar tidak kambuh dengan kompres es batu, bisa dilakukan dengan membungkus es batu menggunakan kain. Lalu kompres selama 10-20 menit, dan ulangi jika rasa tak nyaman kembali kambuh.

Selain melakukan penanganan diatas, diperlukan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut serta penanganan yang tepat dan benar.  Pada beberapa kasus wasir yang parah bahkan berdarah, diperlukan tindakan lebih jauh untuk mengatasinya, salah satunya dengan metode ultrasonik. Metode ini telah terbukti efektif untuk mengatasi wasir yang mengganggu yang minim rasa nyeri, minim perdarahan, pengerjaannya hanya 15 menit, pasien bisa langsung pulang dan telah digunakan di Klinik Utama Bedah ST Wasir Center.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *