104 views
Cara Melakukan Terapi Ambeien Sendiri dengan Obat Alami

Cara Melakukan Terapi Ambeien Sendiri dengan Obat AlamiWasir adalah kondisi umum yang memengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Terapi ambeien dapat dilakukan dengan berbagai metode, termasuk penggunaan obat-obatan alami. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara untuk melakukan terapi ambeien sendiri menggunakan obat alami yang dapat membantu mengurangi gejala dan meringankan ketidaknyamanan yang terkait dengan ambeien.

Wasir memiliki dua jenis yaitu internal dan eksternal. Wasir internal terletak di rektum dan tidak terlihat. Sementara wasir eksternal berada di kulit luar anus. Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), 1 dari 20 orang Amerika mengalami wasir.

Penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu, namun ada rasa nyeri dan tidak nyaman yang dialami penderita. Hal ini membuat penderita harus tetap melakukan pengobatan dan perawatan di rumah untuk membantu mengurangi rasa sakit tersebut.

 

TERAPI AMBEIEN SENDIRI DI RUMAH

 

1. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu meredakan iritasi karena ambeien. Cobalah untuk mandi dengan air hangat selama 20 menit ketika selesai buang air besar. Anda juga bisa menambahkan garam Epsom ke dalam bak mandi untuk memberikan rasa nyaman dan lega serta mengurangi rasa sakit.

 

2. Gosok dengan Kantong Teh

Jika Anda menderita wasir eksternal, maka Anda bisa menggunakan kantong teh yang hangat untuk menenangkan wasir tersebut. Kandungan asam tanat pada teh dipercaya mampu mengurangi pembengkakan, rasa sakit, dan meningkatkan pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan.

Baca Juga:  Penyebab Anus Gatal dan Cara Mengatasinya

 

3. Kompres dengan Es

Jika mengalami wasir atau ambeien Anda bisa langsung mengompresnya dengan es ke anus selama 15 menit untuk meredakan pembengkakan. Jika Anda menderita wasir yang besar dan menyakitkan, cara yang satu ini sangat efektif untuk dilakukan. Pastikan juga untuk membungkus es di dalam kain atau handuk yang lembut. Jangan langsung mengoleskan es ke kulit karena akan merusak kulit.

 

4. Berbaring

Bagaimana cara mengobati ambeien tanpa gel atau krim? Maka Anda bisa mencoba mengangkat badan bagian bawah Anda dan berbaring telentang di sofa. Angkat kaki selama setengah jam, maka Anda akan merasakan sirkulasi darah kembali lancar di bagian belakang tubuh Anda. Hal ini akan mengurangi rasa sakit pada ambeien yang Anda rasakan.

 

5. Menggunakan Lidah Buaya

Gel lidah buaya memang terbukti dapat mengobati ambeien atau wasir. Kandungan anti-inflamasinya memang mampu mengurangi iritasi pada kulit. Memang belum banyak bukti klinis tentang penggunaan lidah buaya untuk wasir, namun National Center for Complementary and Integrative Health mencantumkan pengobatan ini sebagai salah satu yang aman digunakan untuk mengobati ambeien.

Namun, jika Anda tidak tahu apakah memiliki alergi terhadap lidah buaya, maka Anda bisa mencoba memeriksa diri terlebih dahulu dengan cara berikut:

  • Oleskan sedikit gel lidah buaya ke lengan bawah
  • Tunggu sampai 24 jam
  • Jika tidak ada reaksi, maka aman untuk digunakan

 

6. Gunakan Minyak Kelapa

Kandungan anti-inflamasi di dalam minyak kelapa mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Sifatnya yang analgesic (penghilang rasa sakit) juga membantu mengurangi ketidaknyamanan karena ambeien.

Minyak kelapa juga mampu mengurangi sembelit yang juga jadi penyebab penyakit ambeien. Anda dapat mengkonsumsi minyak kelapa secara rutin atau mengoleskannya langsung pada anus yang terasa membengkak.

Baca Juga:  Perbedaan Wasir, Fistula Ani dan Fisura Ani

Itulah beberapa terapi ambeien sendiri di rumah yang dapat Anda lakukan. Namun, perubahan gaya hidup dan pola makan juga jadi salah satu kunci terbaik dalam mencegah wasir. Jangan lupa juga untuk tetap berolahraga secara teratur dan hindari duduk dalam waktu lama.

Jika Anda mengalami sakit yang berkepanjangan setelah terapi ambeien sendiri di rumah, maka Anda bisa langsung berkonsultasi di ST Wasir Center. Di sini, Anda akan mendapatkan perawatan dari dokter spesialis yang telah menangani lebih dari 1000 pasien ambeien selama 15 tahun.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *