75 views
Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Wasir

 

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Wasir -Wasir, juga dikenal sebagai ambeien, adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di daerah rektum atau anus menjadi bengkak dan meradang. Gejalanya bisa termasuk nyeri, perdarahan, dan ketidaknyamanan saat buang air besar. Selain perawatan medis yang tepat, makanan juga dapat memainkan peran penting dalam mengelola gejala wasir. 

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita wasir, yang dapat membantu meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan :

Ambeien sendiri adalah penyakit akibat pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah di bagian anus atau bawah rektum. Ambeien yang tidak ditangani dengan baik, maka akan berpotensi mendapatkan tindakan medis. 

Untungnya ada beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu meringankan gejala dan mencegah ambeien. Berikut adalah makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh penderita ambeien.

 

MAKANAN DAN MINUMAN UNTUK MENCEGAH AMBEIEN

 

1. Kacang-kacangan

Untuk mencegah gejala ambeien salah satu aturan utama adalah dengan mendapatkan cukup serat. Anda bisa mendapatkan dua jenis serat dari makanan yaitu serat larut dan tidak larut. Serat larut akan membentuk gel di saluran pencernaan Anda dan dapat dicerna oleh bakteri baik, sementara serat tidak larut akan meningkatkan feses Anda.

 

2. Biji-bijian

Sama seperti kacang-kacangan, biji-bijian utuh adalah sumber nutrisi yang penting bagi penderita ambeien. Biji-bijian utuh mengandung serat tidak larut yang dapat membantu menggerakkan pencernaan Anda dan mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman karena ambeien. Biji-bijian yang dapat Anda konsumsi adalah beras merah, gandum hitam, dan oat.

Baca Juga:  Apa itu Penyakit Abses Perianal?

Oatmeal adalah pilihan terbaik untuk dimasukkan ke dalam pola hidup terbaru Anda. Biji-bijian ini mengandung serat larut tertentu yang disebut beta-glukan yang memberi manfaat bagi mikrobioma usus dan bertindak untuk memberi makan bakter baik di usus Anda.

 

3. Jus Delima

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nutrition Self mengatakan buah delima merupakan buah yang memiliki kandungan sangat mengesankan. Dalam 174 gram buah delima, mengandung sekitar 7 gram serat. Tingginya serat di dalam buah ini cocok dikonsumsi bagi Anda penderita wasir. 

Serat di dalam buah delima mampu mengurangi peradangan di dalam usus dan meningkatkan fungsi pencernaan dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan cara di jus agar lebih mudah menikmatinya. 

 

4. Air Mineral

Menjaga diri untuk tetap terhidrasi akan membantu membuat feses lebih lembut dan mudah dikeluarkan. Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari tergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat kegiatan Anda. 

Pastikan untuk memilih air minum di setiap kesempatan. Jika Anda ingin menambah sedikit rasa, maka bisa menambahkan irisan lemon atau buah beri ke dalamnya.

 

5. Susu Beruang

Manfaat susu beruang untuk penyakit ambien terbilang cukup banyak. Susu beruang adalah susu yang memiliki proses sterilisasi yang lebih baik dibandingkan dengan susu sapi lainnya. sterilisasi susu dilakukan dengan cara memanaskan susu hingga titik didih yang membuat bakteri dan kuman serta spora akan mati. 

Alat untuk sterilisasi juga membutuhkan peralatan khusus dengan biaya yang tinggi, sehingga biasanya sterilisasi susu cukup banyak dilakukan oleh Industri Pengolahan Susu atau IPS.

Selain itu, manfaat susu beruang untuk penyakit ambeien adalah karena mengandung banyak protein, vitamin, dan lemak sehingga baik untuk kesehatan. Kandungan dalam susu beruang sendiri adalah vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, mineral, dan kalori. Susu beruang sama dengan susu sapi lainnya sehingga dapat membantu memperlancar saluran pencernaan, mencegah sembelit, atau susah buang air besar. 

Baca Juga:  Luka di Anus? Hati-Hati Fisura Ani!

Ambeien memang akan menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman bagi penderitanya. Maka Anda bisa meningkatkan asupan serat untuk membantu mengurangi gejala. Jangan lupa untuk tetap terhidrasi dengan minum banyak air mineral dan susu karena Anda sudah mengetahui manfaat susu beruang untuk penyakit ambeien.

Jika Anda mengalami gejala yang semakin memburuk, maka Anda bisa melakukan konsultasi dengan ST Wasir Center. Di sini Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dari dokter spesialis yang telah menangani 1000 pasien wasir selama 15 tahun terakhir. ST Wasir Center juga memiliki teknologi canggih terbaru dari Korea yang mampu mengatasi wasir Anda  secara medis tanpa rasa sakit dan rawat inap.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *