33 views
Cara Mengatasi Bengkak Setelah Sunat

Sunat dilakukan dengan memotong kelebihan kulup penis agar tidak lagi menutupi kepala penis. Dengan disunat, kebersihan penis bisa lebih terjaga, dan risiko infeksi serta bengkak di sekitar penis setelah sunat pun bisa diminimalisasi. Asalkan sunat dilakukan oleh tenaga medis yang kompeten, dan bekas sunatnya pun dirawat dengan baik, penyembuhan biasanya berlangsung singkat, yakni kurang dari 1-2 minggu. Tentu, durasi penyembuhan ini bisa saja bervariasi, tergantung juga dari metode sunat yang dilakukan.

Kondisi anak Anda yang bekas sunatnya membengkak 2 minggu pasca sunat memang bisa terjadi karena reaksi radang (inflamasi) yang wajar. Biasanya, bengkak ini memang memberat jika anak Anda terlalu banyak beraktifitas sehabis sunat. Namun, bengkak ini bisa jadi juga menandakan bekas sunat anak Anda terinfeksi atau teriritasi sekunder karena penanganan yang kurang optimal.

Solusi Meredakan Bengkak Setelah Sunat

Jika bengkak yang muncul di bekas sunat anak Anda tidak sampai membuatnya demam, nyeri, bernanah, dan mengalami keluhan berat lainnya, maka Anda tidak perlu panik. Silakan Anda atasi kondisi tersebut dengan:

1. Bersihkan bekas setelah sunat anak agar tidak bengkak

Anda dapat menggunakan kain kassa steril yang dibasahi dengan cairan NaCl, jangan digosok-gosok berlebihan, cukup diangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel di permukaannya

2. Minta anak Anda banyak beristirahat

Anda dapat memposisikan bokongnya sedikit lebih tinggi agar bengkaknya mengempis.

Baca Juga:  Hubungan Konsumsi Alkohol dengan Fistula Ani

3. Pakai celana dalam yang tidak ketat

Berikan pada anak Anda pakaian dalam dan celana yang longgar serta lembut bahannya.

4. Asupan makan dan minum yang cukup

Beri anak makan serta minum yang cukup guna menyokong penyembuhan bekas sunatnya.

5. Hindari memegang luka

Himbau anak agar tidak memegang atau menggosok sembarangan bekas sunatnya.

Akan tetapi, jika bengkak ini tampak sangat hebat, apalagi disertai keluhan berat lain seperti telah kami singgung di atas, baiknya Anda waspada dan periksakan anak Anda langsung ke dokter. Diskusikan dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan membuat keputusan yang tepat untuk kesehatan Anda. ST Wasir Center melayani sunat menggunakan stepler yang minim rasa nyeri, minim persdarahan dan bisa langsung beraktivitas.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *