29 views
10 Cara Menyembuhkan Wasir

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah kondisi medis yang umum terjadi di mana pembuluh darah di area rektum atau anus membengkak dan meradang. Kondisi ini bisa sangat tidak nyaman dan menyakitkan, tetapi ada banyak cara untuk mengobati dan menyembuhkan wasir. Artikel ini akan membahas berbagai metode yang dapat membantu mengatasi wasir dan memberikan panduan lengkap untuk perawatan yang efektif.

1. Perubahan Gaya Hidup

Penting untuk memulai dengan perubahan gaya hidup yang sehat untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di area rektum. Beberapa langkah yang dapat diambil meliputi:

  • Pola Makan Sehat: Tingkatkan asupan serat dengan makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan yang kaya serat. Serat membantu mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar.
  • Hindari Menahan Buang Air Besar: Ketika Anda merasa perlu buang air besar, segera kunjungi toilet. Menahan bisa memperburuk kondisi wasir.
  • Jaga Berat Badan: Menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi tekanan pada area rektum.
  • Olahraga Teratur: Aktivitas fisik dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko wasir.

2. Pengobatan Topikal sebagai Cara Menyembuhkan Wasir

Banyak krim, salep, dan gel yang tersedia secara bebas atau dengan resep dokter yang dapat membantu meredakan gejala wasir, seperti rasa gatal, nyeri, dan pembengkakan. Bahan-bahan seperti hidrokortison dan lidokain sering digunakan dalam produk-produk ini.

Baca Juga:  Bahaya Mengobati Ambeien Tanpa Konsultasi Dokter

3. Obat Oral

Dalam beberapa kasus, obat oral dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dapat digunakan dengan rekomendasi dari dokter.

4. Sitz Bath

Sitz bath melibatkan merendam area panggul dalam air hangat selama 10-15 menit beberapa kali sehari. Ini membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri.

5. Skleroterapi

Metode ini melibatkan injeksi larutan khusus ke dalam pembuluh darah wasir untuk menyebabkan pembuluh darah menyusut dan mengering.

6. Cara Kauterisasi untuk Menyembuhkan Wasir

Dalam beberapa kasus, wasir eksternal dapat dihilangkan dengan menggunakan alat yang menghasilkan panas, seperti laser atau krioterapi (dingin ekstrem).

7. Pengikatan Karet

Pada metode ini, seutas karet diikatkan di sekitar wasir untuk memutus pasokan darah. Wasir akhirnya kering dan rontok.

8. Cara Hemoroidektomi sebagai Langkah Tepat Menyembuhkan Wasir

Prosedur bedah ini melibatkan pengangkatan wasir yang parah. Ini biasanya menjadi pilihan untuk kondisi wasir yang sudah besar dan sudah tidak efektif melalui pengobatan baik oral maupun topikal. Hemoroidektomi memiliki berbagai macam pilihan metode, seperti Ultrasonic, Radiofrequency, dll. Untuk melakukan hemoroidektomi perlu konsultasi dengan dokter spesialis bedah terlebih dahulu. Dokter akan merekomendasikan metode yang cocok disesuaikan dengan kondisi wasir masing-masing pasien. Penting untuk mengetahui efek samping dan proses perawatan pasca tindakan hemoroidektomi. Pastikan dokter yang menangani merupakan dokter yang sudah berpengalaman dalam tindakan ini. Di ST Wasir Center, Tindakan hemoroidektomi dilakukan oleh dr. Tony Sukentro Sp.B yang sudah berpengalaman menangani lebih dari 1000 kasus wasir dan fistula. Proses hemoroidektomi berlangsung sangat singkat sehingga pasien tidak perlu rawat inap seperti halnya di Rumah Sakit.

9. Terapi Cahaya Inframerah (IRC)

Terapi ini menggunakan sinar inframerah untuk mengurangi aliran darah ke wasir, menyebabkan wasir menyusut.

Baca Juga:  Wasir Eksternal Seperti Apa? 

10. Pengobatan Herbal

Beberapa orang mengklaim bahwa herbal seperti lidah buaya, witch hazel, dan minyak kelapa dapat membantu mengurangi gejala wasir. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba pengobatan herbal.

Kesimpulan Cara Menyembuhkan Wasir

Wasir adalah masalah medis umum yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Namun, dengan perubahan gaya hidup sehat, penggunaan pengobatan topikal, prosedur medis, dan perawatan lainnya, wasir dapat diatasi. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis sebelum memutuskan metode pengobatan apa pun, terutama jika gejala berat atau tidak kunjung membaik. Menghindari faktor risiko dan menjaga pola hidup sehat adalah langkah terbaik untuk mencegah wasir muncul kembali.

Konsultasikan wasir atau penyakit anorektal kamu dengan dr. Tony Sukentro, Sp.B di Klinik ST Wasir Center Jakarta. ST Wasir Center hadir sebagai solusi permasalahan wasir dengan membawa berbagai layanan metode terkini untuk pengobatan wasir. Pengobatannya juga dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dengan tenaga medis ahli professional, juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Kamu, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai biaya, lokasi, hingga metode yang ada di ST Wasir Center dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *