1,007 views
Cara Mengatasi Skintag Pada Anus

Cara Mengatasi Skintag Pada AnusSkintag, juga dikenal sebagai akrochordon, adalah pertumbuhan kecil yang biasanya terjadi pada permukaan kulit. Mereka sering muncul di area seperti leher, ketiak, pangkal paha, dan juga di sekitar anus. Skintag pada anus dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik dan emosional bagi individu yang mengalaminya. Namun, penting untuk diingat bahwa kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan dapat diatasi dengan beberapa langkah sederhana.

Namun, sebagian orang mungkin merasa ingin menghapus atau menghilangkan skin tag karena alasan kosmetik (keindahan) atau rasa gatal. Skin tag anus hanya dapat hilang oleh dokter. Mencoba menghilangkan skin tag sendiri di rumah dapat menyebabkan rasa sakit dan komplikasi lainnya.

Saat skin tag yang terbentuk di sekitar anus, biasanya muncul oleh beberapa faktor

Solusi efektif untuk mengatasi skintag pada anus :

  1. Konsultasikan pada dokter
  2. Terapkan perubahan gaya hidup sehat
  3. Jaga kebersihan area anus
  4. Hindari gesekan berlebih
  5. Terapi medis
  6. Obat rumahan

Diagnosis Skin Tag Anus

Untuk membuat diagnosis, dokter kemungkinan akan melakukan pemeriksaan fisik. Selama pemeriksaan ini, dokter akan melakukan pemeriksaan visual dan melihat anus untuk melihat tanda-tanda kulit. Lebih lanjut, akan melakukan pemeriksaan dubur dan memasukkan jari ke dalam dubur untuk merasakan tonjolan.

Apabila dokter memerlukan informasi tambahan untuk membuat diagnosis, mungkin juga ada pemeriksaan penunjang dengan anoskopi dan sigmoidoskopi. Setelah diagnosis dibuat, dokter dapat mulai mendiskusikan opsi perawatan Anda.

Pencegahan

  1. Kenakan pakaian dalam yang lembut dan menyerapkeringat, sehingga menyebabkan gesekan minimal dan mengurangi iritasi kulit.
  2. Mengonsumsi banyak serat dan minum air putih secukupnya untuk menghindari proses mengejan dan risiko wasir
  3. Hindari menyeka berlebihan, beberapa orang mungkin akan menegringkan area bokong setelah buang air besar secara berlebihan tanpa sadar
  4. Menjaga berat badan ideal, salah satu penyebab daging tumbuh ini juga oleh obesitas, maka dari itu sangat penting untuk mejaga berat badan ideal.
Baca Juga:  Pentingnya Melaporkan Kondisi Luka Fistula Ani

Daging tumbuh pada anus dapat hilang, hanya saja perlu lakukan konsultasi dengan dokter dan jangan melakukannya sendiri agar tidak menimbulkan risiko komplikasi. Di Klinik ST Wasir Center skintag di anus dapat di hilangkan dengan metode Ultrasonik dan Radiofrequensi yang minim rasa nyeri, minim perdarahan, dan bisa langsung beraktivitas.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *