27 views
Cara Mencegah Terjadinya Fisura Ani yang Menyakitkan

Salah satu penyebab munculnya rasa sakit di anus terutama adanya rasa perih adalah fisura ani. Masalah kesehatan ini bisa dialami oleh siapa saja pada usia berapa pun, namun lebih rentan dialami oleh balita dan dewasa paruh baya. Tentu kita harus melakukan pencegahan atas fisura ani, meskipun masalah kesehatan ini biasanya cenderung tidak serius dan bisa diselesaikan di rumah. Walau begitu, masalah ini bisa kambuh kembali dan menyebabkan masalah lainnya. Fisura ani merupakan luka lecet kecil atau sobek di bagian anus. Sobekan di kulit ini bisa menyebabkan rasa sakit yang parah hingga luka kemerahan pada saat buang air atau setelahnya.

Masalah kesehatan ini biasanya kerap terjadi ketika buang air dengan ukuran besar dan tekstur yang keras. Konstipasi kronis serta diare juga bisa melukai kulit di sekitar anus. Pada sebagian besar kasus, fisura ani biasanya bisa sembuh dengan sendiri tanpa perlu operasi. Fisura ani ini merupakan luka, oleh karena itu menjaga bagian tersebut tetap kering dan bersih bisa membantu proses penyembuhan alami dalam tubuh.

Sejumlah cara bisa diterapkan untuk mengobati dan mencegah masalah fisura ani ini. Berikut sejumlah cara untuk mengobati dan mencegah fisura ani.

  1. Konsumsi cukup serat

Makanan tinggi serat setiap hari bisa membantu kamu buang air besar secara lancar dan teratur. Hal ini merupakan langkah penting dalam pengobatan dan pencegahan fisura ani. Konsumsi serat harian yang disarankan untuk orang dewasa setiap hari adalah 25-35 gram. Untuk memperolehnya, pastikan mengonsumsi buah dan sayur secara cukup dan teratur.

  1. Minum banyak air, baik untuk mencegah fisura ani

Selain mencukupi asupan serat tubuh, pastikan juga untuk cukup minum air putih setiap hari. Konsumsi cukup air bisa melunakkan tinja, membantu tinja keluar lebih mudah, serta mempercepat penyembuhan luka.

  1. Penggunaan salep

Fisura ani bisa jadi sangat menyakitkan terutama ketika kamu buang air besar. Kondisi ini juga bisa menjadi semakin menyakitkan jika tidak segera diobati. Penggunaan salep atau krim topikal penahan rasa sakit bisa membantu mencegah timbulnya rasa tak nyaman. Kamu juga bisa sambil mengonsumsi ibuprofen untuk meredam rasa sakit ini.

  1. Berendam air hangat

Sering berendam air hangat bisa membuat otot di area anus menjadi lebih santai. Hal ini bisa sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit dan membantu penyembuhan luka.

Baca Juga:  Anda Merasa Anus Panas Setelah BAB? Lakukan Langkah Berikut!

Cara Mencegah Fisura Ani

Anda dapat mencegah terjadinya fisura ani dengan menurunkan risikonya melalui berbagai cara berikut:

  • Pastikan area anus tetap kering
  • Bersihkan area anus perlahan dengan sabun yang lembut dan air hangat
  • Minum cukup air
  • Konsumsi makanan berserat
  • Berolahraga secara rutin agar terhindar dari konstipasi

Jika Anda merasa memiliki gejala fisura ani, segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis sehingga tindakan yang dilakukan akan tepat. STWC hadir untuk mengeluarkan Anda dari rasa sakit dan tidak nyaman dari fisura ani. Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *