108 views
Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Bab Berdarah Akibat Wasir

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah gangguan yang umum terjadi di sekitar area anus dan rektum. Salah satu gejala yang paling sering terkait dengan wasir adalah bab berdarah. Bab berdarah karena wasir dapat menjadi pengalaman yang tidak hanya menyakitkan tetapi juga mengkhawatirkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri bab berdarah akibat wasir dan beberapa cara mengatasinya.

Ciri-Ciri Bab Berdarah karena Wasir

1. Darah Segar pada Feses atau Tisu Toilet

Salah satu ciri yang paling khas dari wasir adalah darah segar yang muncul pada feses atau tisu toilet setelah buang air besar. Darah ini biasanya muncul sebagai tetesan atau noda darah merah cerah. Ini terjadi karena pembuluh darah di dalam wasir yang meradang dapat pecah saat tekanan meningkat selama buang air besar.

2. Rasa Gatal dan Tidak Nyaman

Orang dengan wasir sering mengalami rasa gatal, perih, atau tidak nyaman di sekitar anus. Hal ini dapat terjadi karena iritasi dan peradangan yang disebabkan oleh wasir.

3. Pembengkakan dan Benjolan di Sekitar Anus

Wasir yang terasa sebagai benjolan lembut atau bengkak di sekitar anus adalah tanda lain yang sering muncul. Benjolan ini dapat muncul saat buang air besar atau selama duduk untuk waktu yang lama.

Baca Juga:  Pemeriksaan Video Rectoscopy Untuk Diagnosis Wasir

4. Sulit Buang Air Besar

Wasir dapat menyebabkan kesulitan dalam buang air besar. Ini bisa menjadi hasil dari benjolan yang menghalangi aliran feses atau rasa nyeri saat mencoba buang air besar.

5. Seringnya Perdarahan

Bab berdarah karena wasir dapat terjadi secara sporadis atau bahkan sering, tergantung pada tingkat keparahannya. Kadang-kadang perdarahan bisa berhenti dengan sendirinya, tetapi dalam beberapa kasus, bisa menjadi kronis.

Cara Mengatasi Bab Berdarah karena Wasir

1. Perubahan Gaya Hidup

Mengadopsi gaya hidup yang sehat adalah kunci untuk mengatasi masalah wasir. Ini termasuk meningkatkan asupan serat dalam diet untuk memperbaiki kualitas feses, minum banyak air, dan menjaga berat badan ideal. Hindari duduk terlalu lama dan cobalah untuk tetap aktif.

2. Obat-obatan

Dokter mungkin meresepkan krim atau supositoria yang mengandung bahan anti-inflamasi atau pereda nyeri untuk membantu mengurangi gejala wasir. Penggunaan obat pencahar juga dapat membantu mengurangi tekanan saat buang air besar.

3. Sitz Bath

Merendam area anus dalam air hangat dengan menggunakan sitz bath atau ember kecil selama 10-15 menit dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi gejala seperti gatal dan nyeri.

Wasir adalah masalah umum yang dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang jika tidak diobati. Jika Anda mengalami ciri-ciri bab berdarah yang mungkin terjadi akibat wasir, konsultasikan dengan dokter Anda atau mengunjungi ST Wasir Center segera untuk mendapatkan diagnosis dan rekomendasi pengobatan yang sesuai. Dengan perawatan yang tepat, wasir dapat dikendalikan dan gejalanya dapat mereda.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *