985 views
Mengenali Gejala Bab Berdarah yang Berbahaya

Bab berdarah, juga dikenal sebagai hematuria, adalah kondisi medis yang terjadi ketika darah hadir dalam urine seseorang. Meskipun bisa disebabkan oleh berbagai faktor, ada beberapa situasi di mana bab berdarah menjadi sangat genting dan memerlukan perhatian medis segera. Artikel ini akan membahas gejala-gejala dan penyebab bab berdarah yang berbahaya, serta tindakan yang perlu diambil jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami kondisi ini.

Apa Itu Bab Berdarah?

Bab berdarah adalah kondisi medis yang dapat terjadi pada siapa saja, baik pada pria maupun wanita, dan pada berbagai kelompok usia. Kondisi ini terjadi ketika darah muncul dalam urine, memberikan tampilan merah, merah muda, atau merah kecoklatan pada urine. Bab berdarah dapat bersifat ringan dan tidak berbahaya, atau dapat menjadi tanda penyakit yang serius.

Penyebab Bab Berdarah yang Berbahaya

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang Parah

Salah satu penyebab umum bab berdarah adalah infeksi saluran kemih. Namun, jika ISK tidak diobati atau telah menyebar ke ginjal, ini bisa menjadi masalah serius yang mengakibatkan bab berdarah yang berbahaya.

Baca Juga:  5 Makanan Pemicu BAB Keras

2. Batu Ginjal

Batu ginjal adalah pembentukan keras yang terbentuk di ginjal dan bisa mengganggu aliran urine. Ketika batu ini bergerak atau menyebabkan iritasi, mereka dapat merusak jaringan dan menyebabkan bab berdarah yang parah.

3. Kanker Saluran Kemih

Kanker pada kandung kemih, ginjal, atau uretra dapat menyebabkan bab berdarah yang berbahaya. Ini sering kali merupakan tanda awal dari kanker tersebut.

4. Trauma

Cedera pada ginjal, kandung kemih, atau uretra bisa menyebabkan bab berdarah yang serius. Ini bisa disebabkan oleh kecelakaan, olahraga, atau tindakan medis seperti kateterisasi.

5. Penyakit Ginjal

Gangguan ginjal, seperti glomerulonefritis, yang merusak filter ginjal dapat menyebabkan darah masuk ke dalam urine.

Gejala Bab Berdarah yang Berbahaya

Tanda-tanda bab berdarah yang berbahaya adalah sebagai berikut:

1. Bab berdarah yang berlangsung lama

Jika darah terus muncul dalam urine selama beberapa hari atau lebih, ini adalah tanda bahwa ada masalah serius yang perlu diperiksa oleh dokter.

2. Nyeri perut atau pinggang yang intens

Rasa sakit yang hebat di area perut atau pinggang bisa menjadi tanda bahwa ada gangguan serius, seperti batu ginjal atau kanker.

3. Demam dan menggigil

Ini dapat menunjukkan adanya infeksi yang parah atau komplikasi lainnya.

4. Kencing yang sering dan sakit

Jika disertai dengan rasa terbakar saat kencing, ini bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih yang parah.

Tindakan yang Perlu Diambil

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala bab berdarah yang berbahaya, langkah-langkah berikut perlu diambil:

1. Segera Konsultasikan dengan Dokter

Jangan tunda untuk mencari bantuan medis. Segera hubungi dokter atau pergi ke unit gawat darurat jika gejala berat atau disertai dengan nyeri yang tidak tertahankan.

Baca Juga:  Yuk Kenali Efek Samping Operasi Wasir

2. Hentikan Konsumsi Aspirin atau Obat Anti-Inflamasi Nonsteroid (OAINS)

Jika Anda mengonsumsi obat-obatan ini secara teratur, hentikan sementara dan konsultasikan dengan dokter.

3. Minum Air Banyak

Minum banyak air mungkin membantu mengurangi iritasi pada saluran kemih dan mengurangi kemungkinan terbentuknya batu ginjal.

4. Ikuti Petunjuk Dokter

Setelah diagnosis, patuhi semua rekomendasi dan pengobatan yang diberikan oleh dokter Anda.

Bab berdarah yang berbahaya adalah tanda bahwa ada masalah serius dalam tubuh yang memerlukan perhatian medis segera. Penanganan dini dapat membuat perbedaan besar dalam prognosis dan hasil perawatan. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika mengalami gejala-gejala tersebut, salah satunya dengan mengunjungi atau menghubungi ST Wasir Center untuk mendapatkan penanganan langsung dari para ahli.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *