160 views
Apa Itu Wasir Eksternal?

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah masalah kesehatan yang umum terjadi pada banyak orang di seluruh dunia. Wasir dapat dibagi menjadi dua jenis utama yaitu wasir eksternal dan wasir internal. Dalam artikel ini, kita akan fokus pada wasir eksternal, termasuk gejala, penyebab, dan pengobatan yang mungkin diperlukan untuk mengatasi kondisi ini.

Apa Itu Wasir Eksternal?

Wasir eksternal adalah kondisi medis yang terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus atau dalam rektum bagian bawah mengalami pembengkakan atau peradangan. Wasir dengan jenis seperti itu dapat dilihat atau dirasakan di luar anus, sehingga mereka lebih mudah diidentifikasi dibandingkan dengan wasir internal yang terletak di dalam rektum.

Gejala Wasir Eksternal

Gejala wasir dapat bervariasi dari satu individu ke individu lainnya. Beberapa gejala umum yang sering terjadi meliputi:

1. Rasa gatal atau terbakar di sekitar anus.

2. Nyeri atau ketidaknyamanan saat duduk atau bergerak.

3. Pembengkakan atau tonjolan di sekitar anus yang dapat terasa atau terlihat.

4. Pendarahan saat buang air besar.

Gejala ini bisa membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman dan terkadang mengejutkan. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Penyebab Wasir Eksternal

Wasir bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

1. Tekanan berlebih pada pembuluh darah di sekitar anus dan rektum, seperti tekanan saat buang air besar yang keras dan konstipasi.

2. Kegemukan atau obesitas, yang dapat meningkatkan tekanan pada daerah perianal.

Baca Juga:  Main Handphone Di Toilet Bikin Wasir?

3. Kehamilan, karena tekanan pada perut dan perineum selama kehamilan dapat meningkatkan risiko wasir.

4. Pola hidup yang kurang aktif atau duduk terlalu lama, yang dapat menghambat aliran darah di sekitar anus.

5. Faktor genetik, di mana beberapa individu mungkin memiliki kecenderungan untuk mengembangkan wasir.

Pengobatan Wasir Eksternal

Pengobatan wasir tergantung pada tingkat keparahannya. Beberapa metode pengobatan yang umum digunakan meliputi:

1. Perubahan Gaya Hidup

Mengadopsi gaya hidup sehat yang mencakup diet tinggi serat, minum cukup air, dan rutin berolahraga dapat membantu mencegah dan meredakan wasir.

2. Obat-obatan

Dokter dapat meresepkan obat-obatan seperti krim atau salep yang mengandung kortikosteroid untuk mengurangi peradangan dan mengurangi gejala.

3. Sclerotherapy atau Ligasi

Untuk kasus wasir eksternal yang lebih parah, dokter dapat melakukan prosedur medis seperti skleroterapi (pemberian obat yang mengeraskan pembuluh darah) atau ligasi (pengikatan wasir dengan tali karet) untuk mengatasi masalah ini.

4. Pembedahan

Dalam kasus-kasus yang sangat parah atau kronis, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengangkat wasir eksternal.

Penting untuk diingat bahwa jika Anda mengalami gejala wasir, segera konsultasikan dengan dokter Anda atau apabila Anda tidak tahu harus bagaimana, Anda dapat mengunjungi ST Wasir Center. Tidak hanya untuk meredakan gejala yang ada, tetapi juga untuk mengecualikan masalah yang lebih serius atau penyakit yang mungkin memiliki gejala serupa. Pencegahan adalah kunci utama dalam menghindari wasir, dan hidup dengan gaya hidup yang sehat dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kondisi ini.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *