22 views
Waspada! Berdiri Lama Bisa Jadi Penyebab wasir

Berdiri lama penyebab wasir atau juga dikenal sebagai penyakit hemoroid, adalah kondisi yang cukup umum terjadi di masyarakat. Meskipun tidak selalu berbahaya, wasir dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang mengetahui bahwa duduk lama dapat menjadi salah satu penyebab wasir, tetapi tahukah Anda bahwa berdiri lama juga dapat menyebabkan masalah yang serupa?

Wasir terjadi ketika pembuluh darah di dalam dan di sekitar rektum dan anus mengalami peradangan atau pembengkakan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tekanan berlebihan pada pembuluh darah di area tersebut. Wasir dapat terjadi dalam dua bentuk, yaitu wasir internal dan eksternal.

Berdiri lama dan resiko wasir

Banyak orang yang terbiasa berdiri lama dalam pekerjaan atau aktivitas sehari-hari mereka. Apakah itu karena bekerja di meja tinggi, di toko ritel, atau dalam pekerjaan lain yang mengharuskan seseorang berdiri untuk waktu yang lama, berdiri terlalu lama dapat meningkatkan risiko wasir.

Ketika seseorang berdiri, berat tubuh menekan pada pembuluh darah di daerah panggul. Jika berdiri dalam waktu yang lama, tekanan ini bisa meningkat dan menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di sekitar anus. Hal ini dapat menyebabkan wasir eksternal dan meningkatkan risiko pendarahan dan rasa sakit.

Tips untuk Mencegah Wasir Akibat Berdiri Lama

Meskipun pekerjaan atau kegiatan tertentu mungkin mengharuskan Anda berdiri lama, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko wasir:

Baca Juga:  Bolehkah Penderita Wasir Makan Telur?

1. Istirahatkan Kaki Secara Teratur

Cobalah untuk tidak berdiri terlalu lama dalam satu waktu. Lakukan istirahat singkat dengan duduk atau berjalan-jalan sejenak untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di daerah panggul.

2. Pertahankan Postur Tubuh yang Baik

Jaga postur tubuh Anda saat berdiri. Pastikan Anda berdiri tegak dengan bahu terbuka dan rileks, dan hindari membungkuk atau membungkuk.

3. Olahraga Secara Teratur

Lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di daerah panggul.

4. Perhatikan Pola Makan

Konsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk mencegah sembelit yang dapat menyebabkan wasir.

5. Minum Cairan yang Cukup agar berdiri lama tidak menjadi penyebab wasir

Pastikan Anda minum cukup air setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah sembelit.

Wasir adalah kondisi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan dalam kehidupan sehari-hari. Selain duduk lama, berdiri lama juga merupakan faktor risiko yang sering diabaikan. Penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan, terutama bagi mereka yang sering berdiri dalam waktu yang lama, agar dapat mengurangi risiko wasir dan menjaga kesehatan panggul secara keseluruhan. Jika Anda mengalami gejala wasir, segera konsultasikan dengan tenaga medis untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Konsultasikan wasir atau penyakit anorektal kamu dengan dr. Tony Sukentro, Sp.B di Klinik ST Wasir Center Jakarta. ST Wasir Center hadir sebagai solusi permasalahan wasir dengan membawa berbagai layanan metode terkini untuk pengobatan wasir. Pengobatannya juga dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dengan tenaga medis ahli professional, juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Kamu, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai biaya, lokasi, hingga metode yang ada di ST Wasir Center dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *