7 views
Dapatkah Wasir Menyebabkan Kematian?

Wasir, atau hemoroid, adalah kondisi umum di mana pembuluh darah di area anus dan rektum membengkak dan meradang. Meskipun sering kali menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan, pertanyaan yang sering muncul adalah:  “apakah wasir dapat menyebabkan kematian?” Untuk menjawab ini, kita perlu memahami lebih dalam mengenai wasir dan komplikasinya.

Apa itu wasir?

Wasir terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Wasir internal
    Terletak di dalam rektum dan biasanya tidak terasa sakit, tetapi bisa menyebabkan pendarahan saat buang air besar.
  • Wasir eksternal
    Terletak di bawah kulit di sekitar anus, sering menyebabkan rasa sakit, gatal, dan kadang-kadang pendarahan.

Wasir dapat berkembang akibat berbagai faktor seperti konstipasi kronis, diare berkepanjangan, kehamilan, kebiasaan duduk terlalu lama, atau mengangkat beban berat secara terus-menerus.

Komplikasi Wasir yang Bisa Menyebabkan Kematian

Meskipun wasir itu sendiri jarang sekali menyebabkan kondisi yang mengancam nyawa, ada beberapa komplikasi yang bisa timbul dari wasir yang tidak diobati, antara lain:

1. Anemia dari wasir yang kemungkinan bisa menyebabkan kematian

Pendarahan yang berlangsung lama dari wasir dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke jaringan. Ini bisa menyebabkan kelelahan, kelemahan, dan sesak napas.

2. Trombosis

Wasir eksternal bisa mengalami trombosis (penggumpalan darah), yang bisa sangat menyakitkan. Meskipun ini jarang mengancam nyawa, dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin diperlukan untuk menghilangkan bekuan darah tersebut.

Baca Juga:  Pentingnya Posisi Duduk yang Tepat Ketika Wasir Kambuh

4. Strangulasi wasir

Wasir internal dapat terjepit dan kehilangan suplai darah, menyebabkan kondisi yang sangat menyakitkan dan memerlukan intervensi medis segera.

5. Infeksi

Meski jarang, wasir yang terluka bisa menjadi infeksi, yang jika tidak diobati, dapat menyebar dan menyebabkan komplikasi serius.

Apakah Wasir Bisa Sebabkan Kematian?

Langsung dari wasir itu sendiri, kematian sangat jarang terjadi. Namun, dalam kasus yang sangat langka, komplikasi yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kondisi medis serius. Misalnya:

1. Sepsis

Jika wasir yang terinfeksi tidak diobati, infeksi bisa menyebar ke aliran darah, menyebabkan sepsis, suatu kondisi yang mengancam nyawa.

2. Syok hemoragik

Pendarahan hebat dari wasir yang tidak diobati bisa menyebabkan syok hemoragik, meskipun ini sangat jarang terjadi.

Pencegahan dan Pengobatan

Penting untuk mengatasi wasir sedini mungkin untuk mencegah komplikasi. Beberapa langkah yang bisa diambil meliputi:

  • Diet Sehat
    Meningkatkan asupan serat dan cairan untuk mencegah konstipasi.
  • Olahraga Teratur
    Aktivitas fisik membantu menjaga fungsi usus yang sehat.
  • Hindari Mengejan Berlebihan
    Tidak menunda buang air besar dan tidak mengejan terlalu keras saat buang air besar.
  • Perawatan Medis
    Krim atau salep yang dijual bebas, mandi air hangat, atau dalam beberapa kasus, prosedur medis pembedahan mungkin diperlukan.

Kesimpulan: Apakah Wasir Bisa Menyebabkan Kematian?

Secara umum, wasir tidak langsung menyebabkan kematian. Namun, komplikasi yang timbul dari wasir yang tidak diobati bisa berpotensi serius. Oleh karena itu, penting untuk tidak mengabaikan gejala wasir dan mencari perawatan medis bila diperlukan untuk mencegah komplikasi yang lebih parah. Mengadopsi gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan diri adalah kunci untuk mencegah dan mengelola wasir secara efektif. Bila Anda mengalami wasir, segera hubungi ST Wasir Center agar dapat ditangani dengan semestinya.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *