27 views
Makanan pemicu Ambeien

Ambeien merupakan penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan dalam pembuluh darah di dalam dan sekitar anus. Mengonsumsi makanan yang tidak tepat menjadi salah satu faktor yang dapat memperparah gejala ambeien. Oleh karena itu, penderita sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan dan kebiasaan buruk yang berisiko untuk memperparah gejala ambeien. Berikut beberapa kandungan makanan yang dapat menjadi pemicu ambeien.

Kandungan Makanan yang Dapat Menjadi Pemicu Ambeien

  1. Makanan tinggi garam

Asupan garam yang berlebih dapat mengikat air didalam tubuh. Hal ini akan meningkatkan volume darah, termasuk pembuluh darah dibagian bawah tubuh uang dapat memicu ambeien.

  1. Makanan rendah serat

Serat dikenal sebagai nutrisi yang membantu melancarkan kerja sistem pencernaan. Sebaliknya, kekurangan serat dapat menyebabkan sembelit, sehingga berisiko memperburuk gejala ambeien atau wasir. Penderita ambeien disarankan untuk membatasi konsumsi makanan pantangan ambeien  yang rendah akan serat seperti daging merah dan roti tawar putih.

  1. Makanan pedas

Tidak bisa dipungkiri, makanan pedas memiliki daya tarik tersendiri yang memang digemari khalayak ramai. Tetapi makanan pedas yang Anda konsumnya ternyata juga dapat memicu ambeien. Hal ini disebabkan karena makanan pedas dapat membuat perut sembelit, sehingga meningkatkan risiko ambeien.

  1. Alkohol dan kafein

Minuman beralkohol dan tinggi kafein seperti kopi dapat menyebabkan feses menjadi lebih keras sehingga akan sulit dikeluarkan. Hal tersebut juga bisa memperparah rasa nyeri dan tidak nyaman bagi penderita ambeien saat sedang buang air besar.

  1. Makanan olahan

Makanan olahan umumnya memiliki kadar garam yang tinggi sehingga berisiko memperburuk gejala ambeien.

  1. Makanan berlemak

Makanan berlemak menjadi salah satu pantangan bagi penderita ambeien. Hal ini disebabkan lemak memakan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Akibatnya, sistem pencernaan harus bekerja lebih keras sehingga meningkatkan risiko nyeri perut dan memperparah ambeien.

Baca Juga:  Jangan Panik, Ini Penyebab BAB Keluar Darah

Jenis Makanan Berlemak Pemicu Ambeien yang Perlu Dihindari

  • Gorengan
  • Produk olahan susu seperti keju dan whipped cream
  • Kulit ayam
  • Daging berlemak
  • Makanan yang mengandung mentega

Kesimpulan Makanan Pemicu Ambeien

Seperti yang telah disebutkan, demi menjaga kesehatan Anda, marilah mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi, dan berserat tinggi, seperti sayur dan buah. Jika Anda ingin menyembuhkan ambeien yang Anda derita, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis terpercaya. ST Wasir Center bersama dokter spesialis bedah menghadirkan teknologi terbaru dari Korea yang dapat menghilangkan ambeien hanya dalam waktu 15 menit. Klik di sini untuk booking konsultasi sekarang.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *