38 views
Gejala Ambeien Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Gejala Ambeien pada Wanita

Ambeien internal dan eksternal adalah dua jenis utama wasir. Meskipun gejala mungkin bervariasi antara individu. Berikut adalah beberapa gejala umum ambeien pada wanita:

  1. Perdarahan

Perdarahan dari anus atau terdapat darah dalam tinja adalah gejala umum ambeien pada wanita. Biasanya, darah ini akan terlihat sebagai bercak merah terang pada kertas toilet atau dalam toilet setelah buang air besar.

  1. Pembengkakan dan Benjolan

Ambeien internal bisa menyebabkan pembengkakan atau benjolan di dalam rektum. Meskipun tidak terlihat dari luar, benjolan ini dapat dirasakan saat seseorang menyentuh area tersebut. Ambeien eksternal, di sisi lain, terlihat sebagai benjolan yang terletak di sekitar anus.

  1. Rasa Gatal dan Perih

Wanita yang mengalami ambeien sering mengalami rasa gatal atau perih di sekitar anus. Ini mungkin disebabkan oleh iritasi pada jaringan yang terkena.

  1. Rasa Tidak Nyaman dan Nyeri

Ambeien dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri pada wanita. Rasa tidak nyaman ini bisa terasa seperti tekanan atau sensasi benda asing yang ada di dalam rektum.

Cara Mengatasi Ambeien pada Wanita

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengatasi gejala ambeien pada wanita:

Perubahan Gaya Hidup

  • Konsumsi Makanan Sehat: Makan makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu memperbaiki konsistensi tinja dan mengurangi tegangan saat buang air besar.
  • Hindari Konstipasi: Minum banyak air dan menjaga pola buang air besar yang teratur dapat membantu mencegah terjadinya konstipasi yang dapat memperburuk gejala ambeien.
  • Olahraga Rutin: Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan pergerakan usus dan mencegah sembelit.
Baca Juga:  Waspada! Berdiri Lama Bisa Jadi Penyebab wasir

Perawatan Lokal

  • Menggunakan Kompres Dingin: Mengompres area yang terkena dengan kantong es atau kain dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri.
  • Menggunakan Krim atau Salep: Krim atau salep yang mengandung bahan anti inflamasi atau penghilang rasa sakit dapat digunakan untuk meredakan gejala ambeien. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional medis sebelum menggunakan produk apa pun.

Penggunaan Obat-obatan

  • Sediaan Oral: Dokter mungkin meresepkan obat pencahar atau suplemen serat tambahan untuk membantu melunakkan tinja dan memudahkan buang air besar.
  • Obat Topikal: Salep atau krim topikal yang mengandung bahan-bahan seperti hidrokortison atau lidokain dapat membantu mengurangi peradangan, rasa gatal, dan nyeri pada area yang terkena.

Prosedur Medis

  • Skleroterapi: Prosedur ini melibatkan penyuntikan bahan kimia ke dalam ambeien untuk menyebabkannya menyusut dan menghilang.
  • Ligasi: Metode ini melibatkan mengikat pangkal ambeien untuk menghentikan aliran darah ke benjolan dan menyebabkannya mengering dan jatuh secara alami.
  • Hemoroidktomi: Ini adalah prosedur pembedahan di mana ambeien diangkat melalui sayatan bedah.

Perhatian Pada Kebersihan Pribadi

  • Jaga Kebersihan Terganggu: Pastikan area anus tetap bersih dan kering setelah buang air besar. Hindari penggunaan tisu kasar dan gunakan tisu lembut atau kain lap yang lembap untuk membersihkan area tersebut.
  • Hindari Menggaruk: Hindari menggaruk area yang terkena ambeien, karena dapat memperburuk iritasi dan infeksi.

Penting untuk diingat bahwa gejala ambeien yang parah atau persisten harus segera dikonsultasikan dengan dokter spesialis diklinik ST Wasir Center. Dokter dapat memberikan diagnosis yang tepat dan merekomendasikan perawatan yang sesuai berdasarkan kondisi spesifik Anda.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *