834 views
Hati-Hati! Ini dia 5 Bahaya Ambeien Stadium 4

Ambeien terbagi menjadi 4 tingkat keparahan. Pada tahap awal, gejalanya mungkin tidak terlalu mengganggu, tetapi jika tidak ditangani dengan tepat, ambeien dapat berkembang menjadi tahap yang lebih parah. Salah satu tahap yang paling parah dari ambeien adalah stadium 4. Pada stadium ini, ambeien telah mencapai tingkat keparahan yang lebih tinggi dan memerlukan penanganan segera. Yuk simak lebih lanjut tentang bahaya ambeien stadium 4, mengenali gejalanya, faktor penyebabnya, serta opsi pengobatan yang tersedia.

Apa Itu Ambeien Stadium 4?

Ambeien stadium 4 adalah tahap akhir dari kondisi ambeien yang sudah sangat parah. Pada tahap ini, benjolan ambeien yang membengkak telah keluar dari anus dan tidak dapat dimasukkan kembali. Kondisi ini disebabkan oleh melemahnya dinding pembuluh darah di sekitar rektum dan anus, sehingga menyebabkan pembengkakan jaringan yang sangat besar dan menyakitkan.

Gejala Bahaya Ambeien Stadium 4

Beberapa gejala bahaya ambeien stadium 4 yang perlu diwaspadai antara lain:

  1. Perdarahan yang parah: Penderita ambeien stadium 4 sering mengalami pendarahan yang cukup berat, yang dapat terjadi selama buang air besar atau bahkan secara spontan tanpa ada rangsangan.
  2. Prolaps: Prolaps adalah kondisi ketika benjolan ambeien keluar dari anus dan tidak dapat masuk kembali. Penderita stadium 4 sering mengalami prolaps secara permanen.
  3. Nyeri: Penderita akan merasakan nyeri hebat di sekitar anus dan rektum, bahkan saat tidak sedang buang air besar.
  4. Sulit buang air besar: Ambeien stadium 4 dapat menyebabkan kesulitan dalam buang air besar dan seringkali disertai dengan perasaan bahwa rektum tidak sepenuhnya kosong.
  5. Infeksi: Prolaps ambeien dapat menyebabkan risiko tinggi untuk terjadinya infeksi, yang dapat memperburuk kondisi penderita.
Baca Juga:  Anda Mencari Dokter Wasir Jakarta? Simak Bacaan Berikut!

Penyebab Ambeien Stadium 4

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami ambeien stadium 4 meliputi:

  1. Keterlambatan penanganan: Jika ambeien tidak diobati dengan benar pada tahap awal, maka dapat berkembang menjadi stadium 4.
  2. Kebiasaan buang air besar yang buruk: Sering menahan buang air besar atau mengejan terlalu keras dapat memicu terjadinya ambeien stadium 4.
  3. Faktor genetik: Beberapa orang memiliki kecenderungan genetik untuk mengalami ambeien yang parah.
  4. Gaya hidup yang tidak sehat: Pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik dapat menjadi faktor risiko ambeien stadium 4.

Cara Mengobati Bahaya Ambeien Stadium 4

Penanganan ambeien stadium 4 harus segera dilakukan untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. Beberapa cara penanganan dan pengobatan yang mungkin dilakukan meliputi:

  • Ultrasonik

Terapi ultrasonik adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengobati ambeien stadium 4. Pada prosedur ini, gelombang suara tinggi digunakan untuk menghancurkan atau menghilangkan jaringan ambeien yang membesar. Teknologi ini membantu mengurangi ukuran benjolan dan meredakan gejala seperti perdarahan dan nyeri.

  • Radiofrekuensi

Radiofrekuensi adalah metode pengobatan lain untuk ambeien stadium 4. Pada prosedur ini, energi gelombang radio digunakan untuk menyusutkan jaringan ambeien. Hal ini membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut. Dengan pengurangan ukuran benjolan, gejala seperti perdarahan dan rasa sakit dapat berkurang.

  • Ligasi

Ligasi adalah metode yang umum digunakan untuk mengobati ambeien stadium 4. Prosedur ini melibatkan penggunaan pita karet untuk memotong aliran darah ke ambeien. Tanpa aliran darah, ambeien menjadi kering dan akhirnya luruh. Ligasi dapat membantu mengurangi ukuran benjolan dan mengurangi gejala seperti perdarahan dan nyeri.

  • Hemoroidektomi

Hemoroidektomi adalah tindakan pembedahan untuk mengangkat ambeien stadium 4 yang parah dan tidak dapat diatasi dengan metode non-bedah lainnya. Prosedur ini dilakukan di bawah anestesi umum, di mana dokter akan mengangkat jaringan ambeien yang membesar. Hemoroidektomi efektif dalam menghilangkan ambeien yang parah, tetapi memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama dibandingkan dengan metode non-bedah.

  • Sclerotherapy

Sclerotherapy melibatkan injeksi zat kimia ke dalam ambeien untuk menyusutkannya dan mengurangi pembengkakan. Metode ini cocok untuk ambeien yang lebih kecil dan masih bisa didorong kembali ke dalam anus. Sclerotherapy seringkali digunakan sebagai alternatif untuk penderita yang tidak dapat menjalani prosedur bedah.

Baca Juga:  Diskon Konsultasi Ambeien 50%

Pencegahan Ambeien

Pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Beberapa tips untuk mencegah ambeien adalah:

  1. Menerapkan pola makan sehat dengan banyak serat untuk mencegah sembelit.
  2. Hindari menahan buang air besar dan jangan mengejan terlalu keras saat buang air besar.
  3. Lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah di area panggul.
  4. Jaga berat badan yang sehat untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di area rektum.

Apabila kamu atau kerabat terdekat mengalami gejala ambeien stadium 4 yang tak kunjung membaik meski sudah melakukan perawatan di rumah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter di Klinik ST Wasir Center agar mendapatkan penanganan secara tepat.

Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara gratis via chat dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp atau kamu juga bisa mengunjungi media sosial STCW seperti Instagram @stwasircenter, Facebook ST Wasir Center, atau Youtube STWC.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *