14 views
7 Pantangan Penyakit Ambeien yang Harus Dihindari

7 Pantangan Penyakit Ambeien yang Harus Dihindari – Wasir merupakan kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di area rektum dan anus membengkak dan terjadi peradangan. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman, seperti perdarahan, rasa sakit, gatal, dan rasa tidak nyaman saat buang air besar. Selain perawatan medis yang tepat, menghindari beberapa pantangan penting juga dapat membantu meringankan gejala ambeien.

Berikut Adalah 7 Pantangan Penyakit Ambeien yang Harus Dihindari:

PANTANGAN PENYAKIT AMBEIEN YANG HARUS DIHINDARI

1. Makanan Pedas

Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi cabai maka akan menyebabkan diare atau sakit perut.

Diare ini dapat memicu iritasi pada bagian lapisan anus. Maka dari itu, hindari makanan pedas karena akan menyebabkan ambeien Anda semakin parah.

 

2. Menunda Buang Air Besar

Banyak orang yang menunda buang air besar karena beberapa alasan. Namun, sebenarnya kebiasaan ini tidak baik untuk penderita ambeien. Menunda buang air besar akan memberikan sinyal stress pada tubuh sehingga dapat memperburuk ambeien yang diderita. Selain itu, menunda buang air besar dapat membuat tinja mengeras dan sulit untuk dikeluarkan sehingga akan menyebabkan luka pada benjolan wasir.

 

3. Makanan Olahan

Selain makanan pedas, makanan yang dapat membuat ambeien semakin parah adalah makanan olahan. Ini karena makanan olahan mengandung garam yang tinggi dan rendah serat.

Baca Juga:  Anus Keluar Nanah, Gejala Apa?

Tentunya dapat meningkatkan risiko sembelit yang memperparah kondisi Anda. Itulah mengapa, efek makanan olahan juga tidak jauh berbeda dari makanan rendah serat. Makanan olahan seperti sosis atau nugget harus dihindari oleh para penderita ambeien.

 

4. Membersihkan Anus dengan Produk yang Wangi

Sebagian orang masih membersihkan anus dengan sabun atau produk berpewangi lainnya setelah buang air besar. Jika Anda sebagai penderita ambeien juga melakukan hal yang sama, maka sebaiknya Anda tidak melakukan hal yang satu ini.

Hal ini karena penggunaan sabun atau beberapa produk yang memiliki wangi dapat membuat anus menjadi lebih kering. Selain itu produk-produk ini dapat membuat wasir mengalami iritasi. Selain sabun, produk seperti tisu basah dan tisu toilet yang mengandung pewangi harus dihindari oleh penderita wasir.

 

5. Makanan Berlemak

Pantangan ambeien yang harus Anda ketahui lainnya adalah hindari makanan berlemak. Makanan yang berlemak memiliki proses pencernaan yang lebih lama dibandingkan yang lainnya. Makin lama makanan dicerna, maka akan semakin mengeras di dalam perut. Tidak heran, jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung minyak dan berlemak, maka akan memiliki risiko tinggi terhadap pencernaan.

 

6. Sering Mengangkat Beban yang Berat

Terlalu sering mengangkat beban seperti saat berolahraga atau bekerja akan menyebabkan ambeien Anda semakin parah. Hal ini akan menyebabkan tekanan yang lebih besar pada pembuluh darah di sekitar anus dan memperburuk kondisi ambeien penderitanya.

 

7. Menggaruk Pantat

Rasa gatal yang dialami penderita ambeien memang seringkali muncul. Namun, sebaiknya Anda menghindari hal ini karena justru akan memperparah kondisi yang dialami.

Itulah beberapa pantangan ambeien yang dapat Anda hindari. Menghindari hal-hal di atas tentunya dapat membantu Anda terhindar dari masalah serius ambeien atau wasir.

Baca Juga:  Waspada! Abses Perianal Penyebab Fistula Ani

Bagi Anda yang memiliki masalah serius terkait ambeien, maka Anda bisa melakukan konsultasi dan pengobatan bersama ST Wasir Center. Di sini, Anda akan menemukan solusi yang tepat karena ditangani dengan dokter spesialis yang berpengalaman lebih dari 15 tahun. ST Wasir Center terbukti mampu menyelesaikan masalah wasir tanpa rasa sakit dan tanpa rawat inap.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *