66 views
Ciri-ciri Ambeien Kecil dan Penyebabnya

Ciri-ciri Ambeien Kecil dan Penyebabnya – Ambeien kecil juga bisa disebut sebagai wasir. Kondisi ini terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah di bagian bawah anus dan rektum seseorang. Ketika dinding pembuluh ini meregang, maka wasir bisa teriritasi.

Walau terkadang ambeien bisa terasa sakit, namun penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Melakukan perubahan gaya hidup seperti makan lebih banyak kandungan serat dan berolahraga terbukti dapat membantu meringankan gejala dan menurunkan risiko ambeien di kemudian hari.

Seberapa umum wasir atau ambeien kecil sering terjadi? Dikutip dari my-clevelandclinic-org, diperkirakan 1 hingga 20 orang Amerika memiliki gejala ambeien yang menyerang orang-orang dari segala usia, jenis kelamin, ras, dan etnis. Umunya, ambeien lebih sering dialami seiring bertambahnya usia dan mempengaruhi lebih dari setengah orang di atas usia 50 tahunan.

 

CIRI-CIRI AMBEIEN KECIL

Ambeien dapat terjadi di dalam dan di luar rektum, jenisnya tergantung di mana letak vena yang bengkak. Ada dua jenis ambeien yang perlu diketahui, yaitu :

 

1. Ambeien eksternal

Pembengkakan vena terbentuk di bawah kulit di sekitar anus. Ambeien ini bisa menyebabkan rasa gatal dan nyeri, bahkan juga berdarah. Terkadang ambeien eksternal bisa terisi dengan darah yang bisa menggumpal yang tidak membahayakan, namun dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak. Ada pun ciri-ciri ambeien ini adalah:

  • Anus yang terasa gatal
  • Ada satu atau lebih benjolan yang keras dan lunak di sekitar anus
  • Sakit atau nyeri di bagian anus, terutama saat duduk
Baca Juga:  5 Kelebihan Metode Ultrasonic untuk Mengobati Wasir: Mengapa Lebih Baik dari Operasi Konvensional?

 

2. Ambeien internal

Ambeien ini terjadi karena adanya pembengkakan vena di dalam rektum. Rektum Anda adalah bagian dari sistem pencernaan yang menghubungkan usus besar ke anus. Wasir internal juga dapat berdarah namun biasanya tidak memberi rasa sakit bagi penderita. Ciri-ciri dari jenis ambeien yang satu ini adalah:

  • Pendarahan dari rektum yang membuat feses memiliki darah berwarna merah terang
  • Adanya tonjolan yang keluar melalui lubang anus

Baik ambeien eksternal atau internal, keduanya dapat mengalami prolapse yang artinya mereka menonjol di luar anus. Hal ini dapat membuat Anda mengalami rasa sakit.

Walau ambeien adalah penyebab umum bagi masalah anus, namun tidak semua gejalanya disebabkan karena ambeien. Beberapa gejala ambeien mirip dengan masalah saluran pencernaan lainnya. maka sebaiknya Anda konsultasi bersama dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

PENYEBAB AMBEIEN KECIL

 

1. Kurangnya Konsumsi Serat

Salah satu penyebab munculnya ambeien kecil adalah karena tubuh kekurangan kandungan serat. Mengonsumsi makanan yang kurang akan kandungan serat akan membuat seseorang menderita sembelit yang juga akan membuat seseorang mengejan terlalu kuat untuk mendorong feses keluar dari tubuh. Tekanan yang besar, akan membuat pembuluh darah di anus membengkak dan menimbulkan ambeien.

 

2. Kurang Konsumsi Air Putih

Kurangnya mengkonsumsi air putih juga dapat menyebabkan seseorang mengalami sembelit. Hal ini juga dikaitkan dengan perkembangan ambeien. Jika tubuh kurang mendapatkan asupan air, maka akan membuat feses menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan. Minum banyak air putih akan membuat tubuh mendapatkan cukup air untuk pencernaan yang sehat dan meredakan sembelit.

 

3. Mengejan Terlalu Kuat

Salah satu penyebab munculnya ambeien karena seseorang sering mengejan saat buang air besar. Mengejan yang terlalu kuat akan menimbulkan efek penekanan pada pembuluh darah yang mengelilingi rektum dan anus. Pembekuan darah inilah yang akan merenggang karena adanya tekanan tinggi dari dalam.

Baca Juga:  Siapa yang Memiliki Risiko Terkena Wasir?

Ambeien kecil biasanya memiliki gejala yang mungkin menyakitkan namun dapat membaik setelah beberapa hari melakukan perawatan di rumah. Merubah gaya hidup juga dapat membantu mencegah ambeien terjadi lagi.

Jika Anda mengalami gejala wasir lebih dari 1 minggu dan terjadi komplikasi, Anda mungkin membutuhkan perawatan medis. Anda bisa langsung berkonsultasi dengan ST Wasir Center yang dapat membantu memberi solusi dan menangani wasir secara profesional dengan teknologi terbaru dari Korea. ST Wasir Center mampu mengatasi wasir dalam 15 menit!

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *