108 views
Perbedaan Wasir dan Ambeien yang Perlu Diketahui

Perbedaan Wasir dan Ambeien yang Perlu Diketahui – Mungkin Anda sering mendengar penyakit ambeien atau wasir, dan kebingungan akan perbedaan keduanya. Sebenarnya, perbedaan wasir dan ambeien hanya terletak di nama saja karena keduanya memiliki kondisi, gejala, penyebab, dan cara mengatasi yang sama. Wasir dan ambeien adalah nama lain dari penyakit yang dikenal dengan istilah medis bernama hemoroid.

Seseorang yang mengalami buang air besar keras dan memiliki benjolan yang keluar saat mengejan jadi salah satu tanda wasir yang paling banyak dialami oleh kebanyakan orang. Dalam dunia medis, keduanya tidak memiliki perbedaan. Baik ambeien atau wasir adalah nama untuk orang awam untuk menyebut masalah kesehatan ini.

Secara singkat, ambeien atau wasir adalah pembengkakan yang terjadi di pembuluh darah di anus atau rektum. Ambeien atau wasir dapat berkembang menjadi wasir internal (di dalam rektum) dan eksternal (di bawah kulit di sekitar anus).

Penyakit ini biasanya disebabkan karena beberapa hal, namun juga kadang muncul tanpa memiliki penyebab tidak diketahui. Namun, ada banyak pilihan yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini mulai dari pengobatan alami hingga perubahan gaya hidup.

 

CARA MENGENALI AMBEIEN ATAU WASIR

Seseorang yang menderita ambeien akan merasakan tidak nyaman di sekitar anusnya. Selain itu beberapa ciri lain yang sering muncul adalah :

  • Adanya rasa gatal di sekitar anus
  • Adanya bercak darah walau tidak merasa sakit
  • Ada bercak feses di celana dalam, walau Anda tidak merasa sakit perut
  • Nyeri, kebas, dan rasa tidak nyaman di area yang sama
  • Adanya pembengkakan atau daging di sekitar anus
Baca Juga:  10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Mengalami Ambeien

Ambeien atau wasir memang dapat menimbulkan rasa sakit ketika feses melewati anus. Bahkan tidak jarang, Anda akan menemukan darah saat buat air besar.

 

KENAPA BISA MENGALAMI AMBEIEN ATAU WASIR?

Munculnya ambeien atau wasir disebabkan oleh penyebab yang sama, yaitu tersumbatnya aliran darah dari dan menuju anus sehingga darah akan menumpuk dan membuat pembuluh darah jadi membesar. Mayoritas penyumbatan ini terjadi karena konstipasi kronis, terlalu lama duduk, dan mengejan yang berlebihan saat buang air besar.

Adanya penumpukan darah yang membuat pembuluh darah membengkak juga terjadi saat wanita hamil karena rahim akan memberi penekanan pada uterus dan secara otomatis akan menekan pembuluh darah.

Ambeien atau wasir juga bisa dialami karena faktor keturunan. Jika orang tua memiliki penyakit ini, maka anak akan berisiko tinggi untuk terkena kondisi serupa. Jika Anda sering mengangkat beban berat, mengalami obesitas, dan sembelit, maka Anda juga bisa mengalami ambeien atau wasir.

 

GEJALA AMBEIEN ATAU WASIR

Wasir terbagi menjadi dua jenis yaitu wasir internal dan eksternal.

Wasir internal dapat dikategorikan menjadi 4 tahap dengan keluhan yang khas, seperti :

  • Tahap pertama: buang air besar yang disertai dengan tetasan darah merah segar. Biasanya benjolan akan terjadi di satu tempat dan berukuran kecil.
  • Tahap dua: adanya benjolan yang keluar setiap buang air besar, namun bisa masuk dengan sendirinya setiap berhenti mengejan tanpa perlu tindakan khusus.
  • Tahap tiga: benjolan akan keluar saat mengejan dan membutuhkan dorongan dari luar saat akan memasukkan benjolan tersebut karena tidak dapat masuk secara otomatis dan biasanya membutuhkan tindakan medis.
  • Tahap empat: adanya benjolan yang keluar, rasa nyeri yang sangat sakit dan berdarah pada anus. Benjolan ini juga tidak dapat didorong kembali dan membutuhkan tindakan medis.
Baca Juga:  Ketahui 7 Fakta Ambeien Ini

Sementara untuk wasir eksternal, biasanya akan muncul benjolan sekitar cincin anus yang bengkak dan terasa nyeri. Jika terjadi sebuah komplikasi, maka akan menimbulkan trombosis vena yang nyeri dan membutuhkan tindakan medis.

Perbedaan wasir dan ambeien hanyalah terletak pada namanya saja, sementara gejala, ciri-ciri, dan cara pengobatannya adalah sama. Jika Anda mengalami ambeien atau wasir yang membutuhkan tindakan medis, maka Anda bisa berkonsultasi di ST Wasir Center. Di sini Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dengan dokter yang sudah berpengalaman dalam mengatasi wasir.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *