64 views
Jangan Panik, Ini Penyebab BAB Keluar Darah

Ada banyak penyebab BAB keluar darah, biasanya karena penyakit tukak lambung, fisura ani, wasir, dan beberapa kondisi medis lainnya. Darah yang keluar saat BAB dapat terlihat berwarna merah terang atau merah marun. Karena hal ini adalah gejala dari sesuatu yang serius, seperti kanker, maka Anda tidak boleh mengabaikannya.

Segeralah temui dokter jika mengalami pendarahan saat buang air besar. Lakukan pemeriksaan fisik, tes laboratorium, dan detail riwayat pribadi Anda untuk membantu dokter menemukan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab BAB keluar darah yang dapat Anda ketahui.

Penyebab BAB keluar darah yang sering terjadi

1. Fisura ani

Merupakan penyebab paling umum saat BAB keluar darah pada bayi, namun orang dewasa juga bisa mengalaminya. Darah yang dikeluarkan karena fisura ani biasanya berwarna merah cerah. Penyakit ini bisa disebabkan karena berbagai hal seperti konstipasi atau tinja besar yang sulit dikeluarkan. Hal inilah yang menyebabkan kulit di sekitar anus robek.

Untungnya, penyakit ini bisa disembuhkan dengan sendirinya. Anda dapat mengobati rasa sakit dan ketidaknyamanannya dengan minum banyak air dan banyak mengonsumsi makanan berserat.

2. Polip

Polip adalah pertumbuhannya kecil di lapisan saluran anus. Ada beberapa jenis polip yang berbeda salah satunya adalah polip adenomatosa. Polip ini adalah polip umum yang sering dialami banyak orang. Polip ini tumbuh di lapisan usus besar. Sekitar 25% orang dewasa berusia 50 tahun ke atas mengalami polip ini.

Polip adenomatosa bisa berkembang jadi kanker kolorektal atau kanker usus besar. Kanker ini adalah penyebab paling umum ketiga kematian di Amerika Serikat. Darah yang keluar saat buang air besar bagi Anda yang memiliki polip bisa berwarna merah gelap dan feses menjadi sangat lembek.

Baca Juga:  Mengatasi Ambeien Yang Mengeluarkan Cairan Dengan Tindakan Tepat

3. Penyakit Divertikular

Divertikular adalah kantong yang berbentuk tidak normal yang terbentuk di usus bagian bawah. Ada dua jenis penyakit diverticular ini, yaitu diverticulosis dan diverticulitis. Keduanya dapat menyebabkan rasa sakit dan darah keluar saat BAB. Ketika penyakit ini menyebabkan pendarahan, biasanya akan muncul dengan warna merah marun.

Penyakit ini tumbuh dari kelemahan di dinding usus besar Anda. Kadang-kadang mereka juga tumbuh hingga beberapa sentimeter. Penyakit ini sering dikaitkan dengan diet rendah serat, namun penyebab sebenarnya tidak benar-benar diketahui.

4. Wasir

Wasir adalah pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah yang bisa menonjol dari anus. Biasanya penyakit ini memberikan rasa tidak nyaman bagi penderitanya, seperti perih dan gatal.

Karena ada banyak pembuluh darah di sekitar anus dan rektum, wasir bisa mengeluarkan darah berwarna merah terang. Ada beberapa kemungkinan Anda terkena wasir seperti:

  • Diare kronis
  • Sembelit
  • Banyak melakukan angkat berat
  • Duduk dalam waktu yang lama
  • Hamil

 

Pembedahan adalah pilihan jika Anda mengalami wasir yang cukup parah, namun kebanyakan wasir tidak memerlukan pembedahan. Konsumsi banyak serat atau menggunakan salep dapat membantu penyembuhan.

Penyebab BAB keluar darah bisa beragam. Mulai dari wasir dan fisura ani yang mengganggu namun tidak berbahaya. Beberapa penyebab lainnya memerlukan pembedahan dan tindakan medis agar tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Maka jangan ragu untuk mengunjungi ST Wasir Center yang dapat memberikan solusi bagi penyakit dan bedah minor yang Anda alami. Di ST Wasir Center, Anda akan mendapatkan perawatan terbaik dari ahli professional dan teknologi terkini untuk mengatasi penyebab BAB keluar darah.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *