25 views
Kenali 7 Penyebab Sembelit yang Wajib Diketahui

Aktivitas sehari-hari akan sangat terganggu sekali jika penyakit sembelit datang. Sembelit atau konstipasi dalam bahasa medisnya disebabkan oleh banyak faktor yang membuat seseorang kesulitan untuk BAB. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa hal, namun yang umum penyebab sembelit adalah jenis makanan yang dikonsumsi, tidak menerapkan pola hidup sehat, dan kurang minum air mineral.

Secara umum, frekuensi dari BAB setiap orang memang berbeda-beda. Tapi jika tidak mengalami buang air besar selama lebih dari 3 hari, maka itu bisa menjadi penanda bahwa seseorang terkena sembelit.

 

Penyebab sembelit yang perlu diketahui

Supaya terhindari dari penyakit sembelit, maka ada baiknya untuk mengetahui sebab-sebab yang mendasari terjadinya sembelit. Berikut ini adalah artikel tentang penyebab terjadi sembelit di dalam kehidupan sehari-hari.

1. Kurang mengonsumsi makanan yang berserat

Makanan dengan kandungan yang tinggi akan serat, menjadi peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan tubuh manusia. Salah satunya ialah mencegah terjadi sembelit atau kesusahan BAB. Pada umumnya, sebagian besar kandungan serat di dalam makanan tidak akan mengalami proses pencernaan atau penyerapan secara total di dalam tubuh.

Serat tetap akan berada di dalam usus untuk memberikan bantuan dalam memodulasi pencernaan dari makanan lain. Selain itu, mengonsumsi serat juga memberikan manfaat dalam mempengaruhi konsistensi serta tekstur dari tinja yang dihasilkan dalam tubuh manusia, sehingga membuat seseorang lebih mudah dalam proses buang air besar.

Baca Juga:  Kenapa Wasir Bisa Berdarah?

2. Terbiasa dalam pola hidup tidak sehat

Jika keseharian hidup dihabiskan dalam pola yang kurang sehat bisa menjadi penyebab dasar dari hadirnya penyakit sembelit atau susah BAB. Ciri sederhana dari pola hidup tidak sehat yaitu aktivitas gerak tubuh yang kurang, jarang atau tidak pernah berolahraga dan kebiasaan melakukan sedenter atau kebiasaan banyak duduk.

Akibat dari jarang bergerak adalah kerap mengalami kesemutan, dimana hal itu dapat mengakibatkan minimnya proses pergerakan otot terutama pada bagian saluran pencernaan atau usus. Perilaku itu yang mengakibatkan munculnya kesulitan dalam BAB.

3. Terlalu sering menahan buang air besar (BAB)

Saat berada di tengah kesibukan, bagi beberapa orang pilihan untuk menunda buang air besar menjadi opsi terbaik. Pada umumnya seseorang memang benar-benar tidak bisa mengatur waktu kapan ia ingin untuk buang air besar, dan hal itu bisa terjadi dalam waktu kapan saja.

Perlu diketahui kebiasaan dalam menunda buang air besar dapat menjadi satu dari penyebab kesulitan BAB atau sembelit. Untuk terhindari dari keadaan itu maka dianjurkan untuk tidak perlu menunda dalam melakukan BAB karena itu adalah proses alamiah yang terjadi di dalam tubuh manusia.

4. Disebabkan oleh efek samping dari obat

Mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu dapat menyebabkan terjadinya sembelit. Beberapa jenis obat tersebut biasanya berupa obat dengan jenis antiepilepsi dan antidepresan, suplemen kalsium dan pereda nyeri dari golongan narkotik (morfin dan kodein).

5. Sedang dalam keadaan hamil

Terjadi perubahan besar dalam tubuh manusia, khususnya wanita saat sedang dalam proses kehamilan. Sembelit terindikasi dapat muncul pada wanita yang sedang hamil.

Hal ini dapat diketahui, bahwa sekitar 40% wanita hamil mengalami sembelit terutama di masa awal kehamilan (trimester pertama kehamilan). Kebiasaan itu dapat terjadi karena adanya kelimpahan dari produktivitas hormon progesteron.

Baca Juga:  Apakah ada Hubungan Antara Maag dan Wasir?

Banyaknya hormon progesteron yang dihasilkan berdampak juga pada pelemahan otot tubuh. Di antaranya yang berdampak pada pelemahan otot di dalam saluran pencernaan. Akibatnya menimbulkan kesulitan dalam berkontraksi saat sedang melakukan buang air besar.

6. Kurang mengonsumsi air mineral

Kurangnya konsumsi cairan dalam tubuh menjadi faktor munculnya penyebab sembelit. Air mineral memiliki fungsi untuk memberikan kelancaran dalam saluran pencernaan. Sedikit kandungan air mineral di dalam tubuh memberikan dampak pada mengerasnya tinja dalam pencernaan sehingga menimbulkan kesulitan dalam BAB atau sembelit.

7. Mengalami gangguan psikologis

Beberapa jenis kondisi psikologis yang dialami seseorang juga secara tidak langsung memberikan dampak pada kelancaran dalam melakukan proses buang air besar. Gangguan tersebut dapat berupa rasa cemas yang berlebihan, trauma akibat kekerasan dan yang sering terjadi yaitu stres.

Jika Anda mengalami 7 masalah penyebab sembelit di atas, segeralah untuk menghubungi dokter atau bisa dengan berkonsultasi di ST Wasir Center jika mengalami salah satu penyebab sembelit.

ST Wasir selalu memberikan pelayanan terbaik dengan pengalaman dokter yang sudah berpengalaman dalam mengatasi wasir dan berbagai masalah lainnya.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *