45 views
Pengertian Hemoroid Interna dan Cara Mencegahnya

Hemoroid interna atau yang disebut juga sebagai wasir dalam atau internal merupakan pembengkakan pada struktur pembuluh darah yang bisa menyebabkan beberapa masalah yang tidak nyaman, bahkan jika Anda tidak merasakan gejalanya.

Wasir jenis ini memang lebih sulit didiagnosis daripada wasir eksternal karena tersembunyi di dalam rektum, kecuali jika terjadi prolaps. Namun, jangan khawatir, Anda masih tetap bisa mendeteksi adanya hemoroid interna dan pilihan pengobatan yang efektif.

 

Apa itu hemoroid interna?

Wasir adalah struktur pembuluh darah di rektum. Secara khusus, bagian akhir dari usus besar yang digunakan tubuh untuk menyimpan dan mengeluarkan feses. Bagian vena di sini dilapisi dengan otot dan jaringan ikat.

Setiap orang memiliki hemoroid interna, namun tidak akan menyadarinya sampai terjadi masalah pada bagian tersebut. Wasir internal terbentuk di dekat ujung rektum, tapi Anda mungkin tidak akan melihat atau merasakan sesuatu yang aneh atau mengganjal saat wasir membengkak, karena tempatnya masih berada jauh di dalam tubuh.

Anda hanya bisa melihat atau merasakan wasir internal jika terjadi prolaps. Wasir internal tidak menimbulkan rasa sakit karena berada di daerah yang tidak memiliki ujung saraf. Namun, jika Anda mengalami rasa sakit, mungkin Anda menderita beberapa penyakit seperti wasir luar atau fisura ani.

 

Klasifikasi hemoroid interna

Tidak semua wasir internal sama atau menyebabkan masalah yang sama. Dokter bahkan mengklasifikasikan wasir internal menggunakan empat tingkat keparahan, seperti :

  • Grade I: Hemoroid interna menyebabkan pendarahan namun tetap berada di dalam rektum
  • Grade II: Wasir dalam mengalami prolaps namun dapat berkurang dengan sendirinya
  • Grade III: Wasir dalam mengalami prolaps namun tidak berkurang dengan sendirinya, pada tingkatan ini wasir harus didorong manual untuk kembali ke rektum
  • Grade IV: Tingkatan ini adalah yang paling parah karena prolaps tidak bisa dikembalikan dan membutuhkan tindakan medis
Baca Juga:  Wasir Bengkak : Penyebab, Gejala dan Pengobatan

 

Cara mencegah munculnya hemoroid interna

1. Minum air yang cukup

Strategi pencegahan wasir dalam cukup sederhana dan murah, Anda hanya perlu rutin melakukannya. Minum air putih yang cukup untuk menghidrasi tubuh adalah kunci untuk buang air besar yang sehat.

Menurut Richard Desi, ahli gastroenterology di Mercy Medical Center di Baltimore, minum air membangtu dalam mencegah sembelit dan mencegah ketagihan. Minum air sebanyak enam hingga delapan gelas air setiap hari akan membuat sistem pencernaan lancar.

2. Perbanyak berolahraga

Olahraga dapat membantu menjaga usus besar lebih sehat, namun tidak semua olahraga dapat dilakukan untuk mencegah wasir. Olahraga yang meningkatkan tekanan perut seperti angkat besi dapat menyebabkan terbentuknya wasir.

Apalagi jika Anda memiliki riwayat wasir, maka bisa menghindari mengangkat beban berat atau aktivitas berat lainnya. Pilihlah olahraga yang ringan seperti yoga, berenang, atau berjalan untuk mencegah wasir membesar.

3. Jangan menahan buang air besar

Hal ini adalah pencegahan paling mudah dan sederhana untuk mencegah pembentukan wasir yaitu dengan tidak menahan keinginan untuk buang air besar. Mengabaikan hal ini dapat menimbulkan risiko terbentuknya hemoroid interna. Menahan dorongan feses terlalu lama dapat menyebabkan ketegangan dan ketidaknyamanan saat bergerak.

4. Cukup serat

Wasir umum terjadi pada penderita yang jarang buang air besar atau sembelit. Untuk memperbaiki hal ini, Anda bisa mengonsumsi cukup serat alami untuk memperlancar saluran pencernaan dan buang air besar lebih sering. Anda bisa mendapatkan serat yang cukup dengan mengkonsumsi biji-bijian, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Hemoroid interna bisa menjadi tidak nyaman bagi penderita, untuk itu sebaiknya Anda melakukan pencegahan dini agar terhindar wasir baik internal atau eksternal. Namun, jika Anda telah memiliki riwayat hemoroid interna yang cukup parah, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ST Wasir Center.

Baca Juga:  Apakah Operasi Ambeien Dapat Ditanggung oleh Asuransi?

Di ST Wasir Center Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik untuk pengobatan berbagai penyakit mulai dari wasir dan fistula ani. Ditangani oleh spesialis bedah yang sudah menangani lebih dari 1000 pasien dan berpengalaman lebih dari 15 tahun. Pengobatan hemoroid interna Anda akan ditangani dengan teknologi canggih yang minim rasa sakit dan pendarahan.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *