7 views
Kenapa Ambeien Muncul Setelah Makan Pedas?

Pengertian Ambeien

Ambeien (wasir) atau hemoroid adalah pembesaran atau pembengkakan yang terjadi pada dubur atau usus besar bagian akhir atau rektum. Kondisi ini menjadi masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa saja, tetapi lebih banyak terjadi pada orang berusia 50 tahun ke atas. Adapun ambeien (wasir) dapat bersifat internal atau eksternal. Wasir internal berkembang di dalam anus atau rektum. Sementara itu, wasir yang bersifat eksternal akan berkembang di luar anus. Pada umumnya ambeien (wasir) dapat menyebabkan rasa sakit, gatal parah, dan kesulitan duduk. Namun, mungkin Anda penasaran kenapa ambeien muncul setelah makan pedas.

Kenapa Ambeien Muncul Setelah Makan Pedas

Kebiasaan mengonsumsi makanan pedas disebut bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya ambeien. Meskipun demikian, mengonsumsi makanan pedas nyatanya bukanlah penyebab utama dari ambeien. Seperti yang telah disebutkan, penyebab utama dari ambeien adalah gaya hidup yang kurang sehat, seperti kurang mengonsumsi makanan berserat. Jika dikaitkan secara logis, apabila Anda gemar mengonsumsi makanan pedas, biasanya perut akan panas. Selain itu, jika Anda tidak mengonsumsi sayuran setelah makan pedas, Anda akan mengalami sembelit. Sembelit ini lah yang nantinya akan menimbulkan ambeien.

Cara Menyembuhkan Ambeien

Sebenarnya, ambeien merupakan penyakit yang umum dan bisa disembuhkan secara mudah. Anda dapat memulainya dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah. Selain itu, perbanyak minum air putih dan kurangi konsumsi junkfood atau makanan olahan lainnya. Selain itu, jangan duduk terlalu lama. Apabila Anda pekerja kantoran dan harus duduk selama berjam-jam, Anda dapat berinisiasi untuk berdiri setiap setengah jam sekali. Penting bagi Anda untuk tidak mengejan terlalu kuat saat sedang buang air besar.

Baca Juga:  Cara Mengobati Wasir di Klinik ST Wasir Center Jakarta

Kesimpulan: Kenapa Ambeien Muncul Setelah Makan Pedas?

Makanan pedas memang bukanlah faktor penyebab munculnya ambeien. Namun, mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat meningkatkan risiko sembelit yang menyebabkan ambeien. Oleh karena itu, jika memang Anda tidak bisa meninggalkan makanan pedas, penting bagi Anda untuk perbanyak konsumsi sayuran. Selain itu, sangat penting untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis ambeien terpercaya. Anda dapat berkonsultasi dengan klik di sini.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *