54 views
Ketahui Makanan yang Boleh Dikonsumsi Penderita Wasir

Wasir adalah kondisi pembengkakan dan peradangan pada pembuluh vena di sekitar anus. Kondisi wasir kerap dialami oleh ibu hamil atau pasien konstipasi atau kesulitan buang air besar. Namun, tidak jarang wasir mampir ke rektum atau anus orang yang duduk terlalu lama, mengejan saat buang air besar, diare kronis, obesitas atau kurang makan berserat. Berikut makanan yang boleh dikonsumsi dan dihindari oleh penderita wasir.

Banyak penderita wasir yang kerap dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak serat dan tetap terhidrasi sebagai salah satu cara mengatasi. Selain itu, berikut makanan penderita wasir yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

Makanan Yang Boleh Dikonsumsi Penderita Wasir

Kacang-kacangan

Saat mencoba mengatasi dan mencegah timbulnya wasir, satu aturan utama yang perlu dilakukan adalah memastikan mendapatkan cukup serat. Anda bisa mendapatkan dua jenis serat dari makanan – larut dan tidak larut. Sementara jenis yang larut membentuk gel di saluran pencernaan Anda dan dapat dicerna oleh bakteri ramah, serat tidak larut membantu meningkatkan tinja Anda.

Gandum utuh

Seperti kacang-kacangan, biji-bijian seperti gandum adalah sumber nutrisi. Gandum utuh kaya akan serat tidak larut yang membantu menggerakkan pencernaan Anda, serta dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan wasir.

Paprika

Sayuran yang bagus sebagai makanan penderita wasir adalah paprika. Setiap cangkir (92 gram) irisan paprika ringan menghasilkan hampir 2 gram serat. Meskipun tidak berserat seperti beberapa sayuran lain, paprika sangat menghidrasi dengan kandungan air 93 persen.

Seledri

Sama halnya dengan paprika, seledri memberikan banyak air, serta serat. Ini melunakkan tinja Anda dan mengurangi kebutuhan untuk mengejan.

Baca Juga:  Klinik Terdekat Penanganan Fistula Ani

Pir

Satu buah pir berukuran sedang mengandung hampir 6 gram serat, yang merupakan 22 persen dari kebutuhan serat harian Anda. Pastikan untuk memakan buah ini dengan kulitnya, karena di situlah banyak serat penangkal ambeien dapat ditemukan.

Apel

Seperti pir, apel memiliki jumlah serat yang mengesankan. Ini membantu melunakkan dan menambah jumlah tinja Anda, mengurangi ketegangan dan membantu ketidaknyamanan yang terkait dengan wasir.

Pisang

Kaya akan pektin dan pati resisten, pisang adalah makanan yang ideal untuk dimasukkan ke dalam diet Anda untuk menenangkan gejala wasir. Sementara pektinnya menciptakan gel di saluran pencernaan Anda, pati resistennya memberi makan bakteri usus Anda yang ramah – kombinasi yang bagus untuk membantu wasir Anda.

Jika kamu memiliki masalah wasir atau penyakit anorektal yang sudah mulai mengganggu, silakan datang ke klinik ST Wasir Center atau hubungi hotline 0878-8756-6315 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau langsung melakukan konsultasi. 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *