8 views
Ketahui Penyebab Wasir dan Gejalanya Sejak Dini!

Ketahui Penyebab Wasir dan Gejalanya Sejak Dini! – Apakah Anda sering kesulitan buang air besar? Susahnya buang air besar merupakan salah satu ciri-ciri seseorang mengalami penyakit wasir atau ambeien. Penyebab wasir sendiri biasa terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah vena yang ditandai dengan munculnya benjolan di area anus.

Penyakit ini menyerang bagian anus seseorang yang ditandai dengan adanya benjolan di area anus, dan dapat memberikan rasa sakit bagi penderita saat buang air besar.

Namun, biasanya kondisi ini tidak berbahaya dan menular. Hal ini secara umum sering terjadi dan bisa diderita oleh siapa saja. Biasanya, penyakit wasir ini sering dialami oleh ibu hamil, penderita penyakit diare kronis, dan penderita sembelit.

Penyakit wasir ini juga digolongkan menjadi dua jenis. Pertama, internal hemorrhoid adalah benjolan yang ada dalam saluran rectum yang menyebabkan feses berdarah namun tidak ada rasa sakit.

Kedua, external hemoroid dengan benjolan yang ada di luar anus dan akan memberikan rasa gatal atau nyeri pada penderita.

 

Kenali penyebab wasir dan gejala yang dialami 

Ada banyak penyebab wasir yang dapat terjadi pada seseorang. Tentunya ada beberapa gejala yang juga dapat diwaspadai agar dapat segera diatasi. Di bawah ini ada beberapa penyebab penyakit wasir dan gejala yang dialami penderita.

 

1. Terlalu Mengejan Keras Saat Buang Air

Salah satu penyebab wasir yang pertama sering dialami adalah karena terlalu kuat mengejan saat buat air besar. Seseorang yang mengejan terlalu kuat akan membuat pembuluh darah di sekitar anus merenggang. Hal inilah yang kemudian memicu munculnya benjolan di sekitar anus.

Baca Juga:  Wasir Eksternal Seperti Apa? 

 

2. Kurangnya Konsumsi Makanan Berserat

Kurangnya mengkonsumsi makanan berserat bisa jadi salah satu penyebab wasir. Makanan yang kaya akan serat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan manusia.

Jika Anda jarang mengonsumsi makanan berserat, maka feses akan lebih cepat mengeras dan kering sehingga akan sulit saat buang air besar. Bahkan Anda bisa merasakan sakit saat feses menuju anus.

 

3. Tubuh Mengalami Dehidrasi

Untuk mencegah hal ini terjadi, maka jangan lupa untuk konsumsi air mineral minimal 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas perhari.

 

4. Sering Duduk dalam Jangka Waktu Lama

Mungkin ini jadi salah satu penyebab wasir yang paling sepele. Namun, duduk yang terlalu lama memang jadi salah satu penyebab penyakit ini. Peredaran pembuluh darah vena menjadi tidak lancar dan dapat memicu munculnya benjolan wasir di sekitar anus.

 

5. Masa Kehamilan

Penyakit wasir sering terjadi pada ibu hamil, apalagi jika usia kandungannya semakin membesar. Ini terjadi karena adanya tekanan di rahim yang makin kuat sehingga menekan pembuluh darah vena dan menyebabkan adanya benjolan di sekitar anus.

Saat seseorang mengalami wasir, biasanya ia akan mengalami masalah sulit buang air besar. Sebagian besar juga akan mengalami BAB yang berdarah yang disertai dengan bagian anus yang terasa nyeri dan sakit.

Seorang penderita wasir juga akan merasakan gatal dan iritasi di sekitar rectum. Sebaiknya jangan digaruk karena akan menyebabkan ruam di sekitar anus.

Salah satu cara mengatasi wasir yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjalani pengobatan bersama ST Wasir Center.

Agar dapat hidup nyaman, ST Wasir Center akan memberikan pelayanan baik kepada pasien dan keluarga. Di sini Anda akan mendapatkan berbagai solusi pasti untuk penderita wasir, fistula ani, penyakit anorektal, sunat dan bedah minor lainnya.

Baca Juga:  Mencegah Kutil Kelamin Muncul Kembali

Ditangani oleh seorang dokter profesional yang telah menangani 1000 kasus wasir dan fistula. Hanya dengan 15 menit dengan bantuan alat canggih dari Korea, wasir yang Anda alami akan hilang tanpa rasa sakit, pendarahan, dan rawat inap!

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *